Home Berita 15 Kecamatan di Muba Ikut Lomba Masak

15 Kecamatan di Muba Ikut Lomba Masak

Sekayu, Muba-Sebanyak 15 Kecamatan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin berlomba menyajikan masakan khas daerahnya masing-masing pada kegiatan lomba yang digelar oleh Dinas Ketahan Pangan, Selasa (8/5/2018). Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate Sekayu, .

Kreatifitas kelompok ibu ibu dari 15 kecamatan tersebut, patut diacungi jempol. Karena yang disajikan oleh ibu-ibu tersebut sangat menarik dan unik, seperti kelompok kencana ungu dari kecamatan Sekayu, yang mengembangkan kuliner dari umbi-umbian yang dijadikan bahan makanan untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Antara lain Agar Ungu (sarapan agar berbahan dasar ubi ungu), Pitsubi (Pizza Ubi untuk makan siang) dan Tabas (Tahu yang dibuat dari Talas untuk menu makan malam). Sementara untuk minumnya dibuatkan Juja (Jus ubi jagung) setelah dicicipi sangat enak, lezat, dan delicious makjeb.

Semua produk pangan baik umbi umbian, jagung dan sagu merupakan produk pangan lokal yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Memberdayakan setiap keluarga dan kelompok masyarakat melalui organisasi PKK di 240 desa/kelurahan dan 15 Kecamatan untuk memanfaatkan setiap lahan/pekarangan rumah warga maupun tanah desa dan tanah kecamatan untuk di tanami secara massal pangan lokal tersebut.

Tak kalah kelompok Crysant dari kelompok Ibu PKK dari Kecamatan Jirak Jaya lain lagi lebih mengembangkan sagu dan jagung untuk bahan dasar makanan mulai dari jagung tongseng (sarapan jagung ditonseng), ikan krispi jagung (ikan dikukus dibuat krispi dari sagu ditaburi jagung halus sebagai menu makan siang) tentunya rasanya juga menggugah selera.

Selanjutnya,ketersediaan pangan tersebut berimbas dengan potensi pangan khususnya kuliner yang akan menjadi pengembangan potensi wisata yang ada disetiap desa apabila dikembangkan dengan serius akan memperbanyak lokasi kuliner khas Musi Banyuasin.

Seperti diungkapkan oleh Asisten III Pemkab Muba Ibnu Saad, S.Sos, M.Si dalam mewakili Bupati Musi Banyiasin dalam memberi arahan kepada seluruh Pengurus PKK Kabupaten/Kecamatan/Desa dan kelompok Ibu dalam acara Lomba Cipta Menu Pangan Lokal di Pendopoan Bupati, Selasa.08/05/2018.

“Setiap desa akan memiliki Lokasi kuliner (tempat wisata makanan) dengan kekhasannya berbanding lurus dengan besarnya potensi pariwisata juga potensi perkebunan khususnya produk pangan lokal (umbi, jagung, sagu) yang ditanam secara masif dan massal akan menciptakan hilirisasi untuk mengundang investor dari dalam maupun luar negeri dapat menanamkan modalnya untuk membangun Pabrik Pengolahan Ubi, Jagung untuk meningkatkan perekonomian rakyat dan Kabupaten,”tutupnya. 

Comments are closed.