Home Berita Berkolaborasi Fokus Cegah Karhutlah

Berkolaborasi Fokus Cegah Karhutlah

SEKAYU,MNS – Wakil Bupati (Wabup) Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perusahaan untuk duduk bersama mencari solusi membuka lahan tanpa membakar hutan. Hal ini diungkapkan saat rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Bahaya Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan (Karhutbunla), Kamis (14/3/2019) di Auditorium Pemkab Muba.

“Kabupaten Muba telah belajar dari Karhutlah tahun 2016 yang lalu. Saya pikir, kabupaten kita telah cukup siap mengantisipasi atau mencegah terjadinya kembali Karhutlah,” ungkap Beni

Kuyung Beni, sapaan sehari – hari Wabup Beni ini juga menghimbau kepada OPD, seluruh Camat dan perusahaan untuk berkoordinasi guna mencegah terjadinya kembali Karhutlah. “Pengaktifan kembali Relawan Peduli Api, penyediaan Sarana dan Prasarana (Sapras) di tiap-tiap desa juga harus dilengkapi. Kita juga harus berkoordinasi dengan TNI-Polri guna membantu kita apabila terjadi Karhutlah,” tegasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Muba Indita Purnama Ssos MM dalam laporannya menyebutkan untuk mendukung pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran hutan, kebun dan lahan di Kabupaten Musi Banyuasin, BPBD telah menyiapkan 133 orang Satgas TRC khusus pencegahan dan pengendalian karhutlah berserta peralatan yang lengkap.

“Upaya pencegahan dan pengendalian kami dilapangan seringkali terkendala dengan sulitnya akses yang sulit dijangkau, terbatasnya sumber air, terbatasnya kemampuan pemadaman di malam hari dan masih adanya kebiasaan masyarakat membuka lahan dengan cara membakar”, tetapi kita secara tupoksi akan mensosialisasikan dan segera menindaklanjuti hasil keputusan kegiatan hari ini tutur Indita.

Comments are closed.