Home Berita Dinkominfo Muba Siapkan Program Smart District Di Kecamatan Keluang

Dinkominfo Muba Siapkan Program Smart District Di Kecamatan Keluang

KELUANG, MNS – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Dicky Meiriando, berkunjung ke Kantor Camat Keluang, selasa (15/01/2019). Disela jamuan di Kedai Kopi Pramuka Keluang yang berada di halaman belakang Kantor Camat Keluang, Plt. Kepala Dinkominfo Muba mengatakan bahwasanya saat ini sedang mempersiapkan Program Smart District yang diawali dari Kecamatan Sekayu sebagai ibukota kabupaten kemudian dilanjutkan ke kecamatan lainnya secara bertahap.
“Tahun ini ada 3 Kecamatan yang masuk dalam program Smart District, yakni Kecamatan Sekayu, Kecamatan Lais dan Kecamatan Keluang. Kami akan melakukan pemasangan jaringan koneksi internet di Kantor Camat dan Kantor Lurah/Kepala Desa. Selanjutnya Dinkominfo Muba akan membantu membuatkan website Kecamatan, kelurahan dan desa yang terintegrasi dengan website Pemkab Muba serta aplikasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kecamatan”, jelas ASN yang pernah menjabat sebagai Camat Plakat Tinggi ini.
Ditambahkan oleh Dicky, Smart District merupakan suatu konsep pengimplementasian tugas pokok camat dalam mengelola wilayah kecamatan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good Governance).
“Kami berharap nantinya di setiap kecamatan dapat tersedia fasilitas mini command centre yang terkoneksi dengan Muba Command Centre dan terdapat Free Wifi Zone berupa co-working space dan cyber park. Khusus di Kecamatan Keluang ini saya pikir space-nya sudah ada. Untuk co-working space dapat memanfaatkan ruangan rapat kecamatan dimana nanti disediakan satu meja kerja besar yang dilengkapi peralatan TIK yang dapat digunakan oleh seluruh elemen kecamatan untuk bekerja secara bersama. Sedangkan cyber park dapat memanfaatkan Kedai Kopi Pramuka yang telah ada. Di area ini akan disediakan wifi internet secara gratis oleh Dinkominfo Muba”, jelas Dicky.
Sementara itu, Camat Keluang Debby Heryanto mengatakan sangat berharap sekali program ini segera terealisasi di Kecamatan yang dipimpinnya.
“Saya kira program ini yang sangat ditunggu masyarakat khususnya Kecamatan Keluang. Kami berterima kasih kepada Dinkominfo Muba yang telah memasukan Kecamatan Keluang dalam Program Smart District. Kami akan melibatkan generasi millenial yang ada di Kecamatan Keluang untuk membantu mensuksekan program ini seperti para anggota pramuka, karang taruna dan organisasi pemuda lainnya “, ujar ASN muda lulusan STPDN ini.
Reporter : Lutfi Saputra
Comments are closed.