Home Berita Gandeng MIKTI, Muba Bersiap Jadi Pusat Industri Kreatif Digital

Gandeng MIKTI, Muba Bersiap Jadi Pusat Industri Kreatif Digital

JAKARTA,MNS – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) untuk mewujudkan Muba menjadi kabupaten cerdas (smart regency) tidak hanya difokuskan pada pembangunan infrastruktur digital belaka. Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menginginkan adanya pembangunan komunitas digital.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba Dicky Meiriando, saat pertemuan dengan Pengurus Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi (MIKTI), Selasa (9/4/2019) di Kantor Dewan Pusat TIK Nasional (Wantiknas).

“Komunitas digital yang ada di Kabupaten Muba akan diarahkan menjadi suatu ekosistem yang berkelanjutan dan kompetitif, sehingga diharapkan nantinya dapat mendorong tumbuhnya industri kreatif digital di Kabupaten Muba, diharapkan ke depan Kabupaten Muba dapat menjadi Pusat Industri Kreatif Digital,” ujar Dicky Meiriando dihadapan Pengurus MIKTI.

Dicky mengatakan, Pemkab Muba saat ini telah mempersiapkan fasilitas-fasilitas pendukung yang berlokasi di Kantor Dinkominfo Muba, seperti Virtual Room, Studio TV, Studio Radio, Breakout Corner dan Coworking Space, juga tersedia internet wifi.

“Kantor Dinkominfo Muba saat ini telah dirancang menjadi Millennial Office, sehingga fasilitas yang ada menyesuaikan dengan kebutuhan zaman generasi millennial. Agar fasilitas ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi. Dinkominfo Muba akan memberikan kesempatan kepada komunitas digital untuk digunakan dalam menghasilkan produk-produk industri kreatif digital. Nanti dalam pelaksanannya kami berharap dapat bekerjasama dengan MIKTI,” jelas Dicky.

Ketua Umum MIKTI Joddy Hernady diwakili oleh Sekretaris Jenderal MIKTI Muhammad Andy Zaki didampingi Departemen Advokasi dan Partnership Andriansyah, dan Departemen New Startup Dina Dellyana, menyambut baik atas inisiasi dari Pemkab Muba untuk kerja sama program pembangunan industri kreatif digital dengan MIKTI sebagai Perkumpulan yang mewadahi pelaku-pelaku industri kreatif digital di Indonesia, meliputi industri game, industri perangkat lunak pendidikan, industri musik digital, industri animasi, industri perangkat lunak dan aplikasi.

Menurut dia, MIKTI siap bekerja sama dengan Pemkab Muba dalam menumbuhkan industri kreatif digital di Kabupaten Muba, mulai dari pengembangan komunitas digital, pengembangan talenta untuk industri kreatif digital, hingga pembentukan dan pengembangan inkubator bisnisnya. “Kami siap berkontribusi dengan kurikulum, mentor, dan jejaring yang kami miliki,” ujar Zaki yang saat ini juga menjabat Wakil Sekretaris Tim Pelaksana Wantiknas.

Direncanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Muba dengan MIKTI dilaksanakan bersama dengan peresmian Coworking Space Dinkominfo Muba, sekaligus akan dilaksanakan Digital Community Gathering untuk mengenalkan hal yang terkait dengan industri kreatif digital kepada komunitas digital di Muba.

Comments are closed.