Arsip Berita - Website - Musi Banyuasin
Bupati dan Wakil Bupati
Sunday, 20 Agustus 2017
Bupati Muba Gelar Apel Siaga Karhutlah di Bayung Lencir
news Reporter : Lis Sak Odah, Sumber : Mubakab.go.id

Bayung Lencir, mubakab.go.id - Dalam upaya mengurangi tingkat kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di kabupaten Musi Banyuasin, Pemkab Muba gelar Apel siaga Personil dan peralatan Kebakaran Hutan dan lahan di Kecamatan Bayung Lencir, Jum'at (11/08/2017).

Dalam amanatnya Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyampaikan bahwa Melalui OPD dan Perusahaan yang berada diwilayah rawan Kebakaran, dapat melakukan berbagai langkah dengan membuat pos desa tangguh bencana di Kecamatan yang rawan terjadi karhutlah. “Kita tempatkan pos siaga desa tangguh bencana di setiap kecamatan yang sering terjadi karhutlah karena wilayahnya sangat rawan akan kebakaran hutan serta sudah disiapkan tenaga di setiap posko tersebut,” tegasnya.

Kita akan terus memantau wilayah-wilayah melalui satelit, pemantauan satelit sendiri juga harus berkoordinasi dengan tim darat. Tak lupa kita juga harus memberikan sosialisasi terhadap masyarakat di sekitarnya. "Pihaknya telah melakukan pendekatan persuasif kepada pemilik lahan yang ditemukan titik api, untuk pencegahan karhutlah akan difokuskan berdasarkan jumlah titik api, termasuk wilayah rawan api lainnya. Bagi desa yang dianggap rawan api," ujarnya.

Dodi menambahkan, dirinya berharap perusahaan aktif dalam antisipasi kathutlah. Kita lihat perkembangan di lapangan kalau terjadi pembakaran lahan akan diberikan sanksi, berdasarkan pengalaman sebelumnya pada tahun 2015 dimana keadaan terburuk pekat asap karena Kabupaten Musi Banyuasin merupakan penyumbang asap terbesar nomor 2 di Sumsel sesudah OKI.

"Diharapkan kerjasama dan koordinasi antar daerah atau Kabupaten tetangga serta penerapan hukum bagi pelanggar, guna mensukseskan ASEAN GAMES 2018 di Sumatera Selatan,” tutupnya.

called