Arsip Berita - Website - Musi Banyuasin
Bupati dan Wakil Bupati
Tuesday, 21 November 2017
Muba Bakal Miliki Pabrik Pengelolaan Limbah Oli Bekas
news Reporter : Yan Fitri Yusufiana, Fotographer : Fajri Romadona

Sekayu, Mubakab.go.id – PT Beringin Tosa Energi merupakan sebuah Perusahaan Pengolahan Oli Bekas, memohon izin untuk pendirian Pabrik Pengolahan Oli Bekasa Minyak Kotor menjadi Minyak khusus di atas lahan seluas 7.790 M2 di Kelurahan Babat Kecamatan Babat Toman. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) menjembatani dan membahas permohonan ini dalam rapat yang di selenggarakan di Ruang Rapat Randik.

“PT. Beringin Tosa Energi berdiri pada Bulan April 2017, dan kami berniat untuk mendirikan perusahaan di bidang industri pengolahan oli bekas terutama di Muba. Untuk di daerah lain sendiri seperti Jawa Barat dan Kalimantan, tidak asing lagi dengan pengelolaan oli bekas dan slat,”ujar Perwakilan PT Beringin Tosa Energi, Selasa (12/09).

Menurutnya, perusahaan pengelolaan oli bekas ikut membantu pemerintah setempat dalam penanganan masalah limbah oli bekas sehingga diproduksi menjadi produk bernilai tinggi dan juga membantu limbah dalam pembangunan serta bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan industri lokal.

“ Oli bekas akan menghasilkan prospek ekonomi yang menguntungkan di masa datang, serta menyerap tenaga kerja dan telah mendapatkan izin lingkungan dari Kementerian Lingkungan RI. Selama ini, oli bekas dari Tangerang di supply dari Sumatera yang memerlukan bahan baku akikator 2 dengan teknis awal yaitu memanaskan oli hingga 1200 - 1800 selama 24 jam,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Muba, Hendra Tris Tomy SSTP menyatakan Pemkab Muba dalam hal ini menyambut niat baik dari PT. Beringin Tosa Energi untuk membantu beberapa permasalahan Pemkab Muba. “Namun Pemkab Muba masih memerlukan waktu untuk mengupas secara total dan membahas masalah lokasi serta hasil pengolahan oli bekas tersebut,”tutupnya.

called