Arsip Berita - Website - Musi Banyuasin
Bupati dan Wakil Bupati
Wednesday, 13 Desember 2017
STIK-PTIK : Berikan Solusi Pekerjaan Bagi Masyarakat Pelaku Illegal Drilling
news Photographer : Fajri Romadona

Sekayu, mubakab.go.id-Bupati muba H. Dodi Reza Alex mendengarkan paparan Hasil Penelitian Mahasiswa sekolah tinggi ilmu kepoliasian (STIK-PTIK) angkatan ke 72 Widya Atmani Wardhana TA 2017 , mengenai maraknya Illegal Drilling di Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (12/10/2017) di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Dalam paparannya, Perwakilan mahasiswa STIK PTIK Dwi Yanuar Mukti, SH., menjelaskan tentang Penanggulangan pengeboran minyak (illegal drilling) di Desa Tanjung Keputran Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Muba. “Pihak kami telah melakukan penelitian langsung ke desa keputran dan mendapatkan kendala serta masalah kenapa masyarakat tersebut masih melakukan pengeboran minyak (Illegal Drilling) karena kurangnya penyediaan lapangan pekerjaan,”ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa persepsi masyarakat yang menambang adalah rakyat mencari penghidupan yang harus dilindungi dan beranggapan bahwa masyarakat juga berhak memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) di wilayahnya. “Kegiatan masyarakat yang menambang tersebut dapat merusak lingkungan, pemborosan sumber daya tambang dan tingginya resiko kecelakaan pada saat menambang. Selain berdampak negatif, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yakni meningkatkan kesejahteraan,”katanya.

Terakhir pihaknya juga menyarankan agar Pemkab melakukan pendekatan dan mensosialisasikan bahayanya Illegal drilling kepada masyarakat setempat dan memberikan solusi untuk mencari perkerjaan lain seperti berkebun dan bertani.

Sementara Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam sambutanya, mengatakan bahwa Muba memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan masyarakat juga dapat memanfaatkan SDA seperti berkebun dan bertani. “Ini merupakan masalah yang komplek karna dari awal tidak ada penegasan atau larangan. Sehingga semakin lama illegal drilling ini semakin meningkat dan susah untuk di hentikan, maka kini illegal drilling merupakan pelanggaran hukum yang harus disosialisakan kepada masyarakat,”terang Dodi.

Dodi juga mengatakan bahwa Pemkab Muba juga menyarankan solusi tentang illegal driling dapat melalui Meremajakan kebun sawit dan karet yang dimiliki oleh masyarakat dan dimodali oleh pusat, serta mencarikan penghasilan tambahan untuk masyarakat dengan Hilirisasi industri dari perkebunan masing-masing.

 

 Reporter : Fitri Purnama Sari

Editor      : Lis Sak Odah

called