Arsip Berita - Website - Musi Banyuasin
Bupati dan Wakil Bupati
Saturday, 16 Desember 2017
227 Kepala Desa Ikuti Rakor

Sekayu, mubakab.go.id-Sebanyak 227 kepala desa yang ada di 14 Kecamatan Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti rapat koordinasi pemerintah daerah dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (4/12) di ruang Auditorium Pemkab Muba.

Acara tersebut dibuka langsung oleh sekretaris daerah H. Apriyadi, dan dihadiri Organisasi Perangkat Daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Kepala Badan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Habiburahman dalam rakor tersebut membahas tentang peraturan daerah nomor 8 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa dan peraturan Bupati nomor 43 tahun 2017 tentang struktur organisasi dan tata kerja pemerintah desa.

"Dalam struktur organisasi terpadu kepala desa itu, ada Sekretaris desa, kemudian Kepala Urusan (Kaur), Kepala Seksi (Kasi) baru kemudian Kepala Dusun,"jelasnya.

Karena, keterkaitannya dengan pelaksanaan anggaran yang tentu juga berkaitan dengan alokasi dana desa di susun APBDes. Dan APBDes yang disusun oleh kepala desa di tahun 2018 harus mendapat mengesahan atau persetujuan dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin, melalui Plt Sekda, H Apriyadi mengatakan seiring dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dimana kepala desa sebagai pemimpin di tingkat desa mempunyai tugas yang meliputi penyelenggara pemerintah, penyelenggara pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. 

"Kepala Desa menpunyai tugas sebagai penyelenggara pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat setempat. Oleh karena itu seorang kades mau tidak mau, suka atau tidak suka, di tuntut menjadi seorang pemimpin yang ada di desa, dan menjadi kuasa masyarakat desa apabila berurusan ke luar,"tutupnya.

 

Editor : Lis Sak Odah

called