Home Berita Kemkominfo Bantu Muba Wujudkan Smart Regency, Plt Bupati Minta Perusahaan Untuk Berpartisipasi

Kemkominfo Bantu Muba Wujudkan Smart Regency, Plt Bupati Minta Perusahaan Untuk Berpartisipasi

JAKARTA – Setelah dinyatakan lulus seleksi dan terpilih untuk mengikuti Program Gerakan Menuju 100 Smart City, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diundang untuk menghadiri acara launching yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), selasa (8/5/2018) di Hotel Redtop Jakarta.

Pada acara tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muba Beni Hernedi bersama 50 Walikota/Bupati yang terpilih menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City dengan Kemkominfo.

“Penandatangan nota kesepahaman dimaksudkan sebagai upaya untuk melakukan percepatan dalam mewujudkan Kabupaten Muba sebagai Kabupaten cerdas (Smart Regency) sehingga nantinya dapat mendorong adanya kemudahan dalam pemberian layanan publik bagi masyarakat Muba”, ujar Beni Hernedi.

Ditambahkan oleh Beni Hernedi, bentuk konkritnya dalam kerjasama tersebut, selama setahun ini Kemkominfo akan menyediakan tenaga ahli untuk membantu Pemkab Muba dalam menyusun Masterplan Smart City. Sedangkan Pemkab Muba diharuskan untuk membentuk Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City.

“Saya minta masterplan smart city nanti dapat menjadi pedoman dalam mewujudkan Muba Smart Regency. Oleh karena itu, masterplan yang akan disusun harus disesuaikan dengan kondisi yang ada di Muba dan aplikasinya yang benar-benar dibutuhkan oleh Masyarakat Muba”, ujar Beni Hernedi.

Plt Bupati Muba juga menginginkan semua pihak untuk ikut aktif berpartisipasi dalam mewujudkan percepatan perwujudan Muba Smart Regency yang telah dilakukan Starting Up oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin pada tanggal 27 Desember 2017 lalu.

“Tidak mungkin dilakukan Pemkab Muba sendiri dan hanya mengandalkan pembiayaan dari APBD. Perlu ada sumber pembiayaan alternatif seperti hibah dari donatur dan pendanaan melalui program CSR. Oleh karena itu, saya mengajak perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Muba untuk mendukung program Muba Smart Regency dan akan kami libatkan dalam Dewan Smart City”, pungkas Beni Hernedi.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba, Dicky Meiriando, mengatakan akan segera membentuk Dewan Kabupaten Cerdas Musi Banyuasin sebagai tindaklanjut dari penandatangan nota kesepahaman.

“Payung hukumnya untuk membentuk Dewan Smart City berupa Peraturan Bupati tentang Kabupaten Cerdas Musi Banyuasin sudah ada. Saat ini kami sedang menyusun komposisinya dengan melibatkan seluruh perangkat daerah, akademisi, aktivis organisasi, termasuk perusahan yang ada di Kabupaten Muba. Insya Allah dalam waktu satu bulan ini sudah terbentuk dan dapat dikukuhkan oleh Bupati Muba”, jelas Dicky Meiriando. (WNS)

Comments are closed.