Home Berita Miliki Bursa Inovasi Tiap Desa, Bupati Muba Raih Penghargaan dari Kemendes DTT

Miliki Bursa Inovasi Tiap Desa, Bupati Muba Raih Penghargaan dari Kemendes DTT

Sekayu, Muba- Guna memperkuat desa dalam melaksanakan pembangunan agar lebih berkualitas, tepat sasaran dan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa, di Stable Berkuda Sekayu, Rabu(12/9/2018).

Dalam kesempatan ini, Dirjen Pembangunan dan Pmberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Dr Taufik Majid menjelaskan percepatan pembangunan Desa dan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) diakui terbaik di Indonesia.

Atas prestasi tersebut, Bupati Muba menerima penghargaan langsung dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Dikatakannya, dalam penilaian Kemendes DTT, Bursa Inovasi BumDes di Sumatera Selatan, Kabupaten Muba ini yang paling sukses dalam pelaksanaan dan realisasi program-programnya.

Ia juga menyampaikan bahwa dari seluruh pembinaan dan pelaksanaan BumDes dan Bursa Inovasi Desa di Indonesia kategori yang paling sukses dan serius adalah di Kabupaten Muba. “Saya mewakili Menteri memberikan penghargaan kepada Bupati Muba atas keberhasilan dan kesuksesannya membina dan mengimplementasikan Program Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2018 di Kabupaten Muba,”tutupnya.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin dalam sambutannya, mengatakan bursa inovasi merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat yang dapat di kembangkan di semua desa di Kabupaten Musi Banyuasin. “Bursa inovasi merupakan bagian tidak terpisahkan dari model pengelolaan program inovasi di tingkat Kabupaten Muba,” katanya dihadapan para Camat dan Kades yang hadir.

Lanjut, diterangnya maksud dan tujuan bursa inovasi adalah untuk dapat menjembatani kebutuhan pemerintah desa, solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel, Yusnin menerangkan dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel hanya ada enam Kabupaten yang mempunyai bursa inovasi desa, salah satunya Kabupaten Muba. “Kabupaten Muba ini jadi contoh bursa inovasi desa bagi kabupaten lain di Sumsel. Karena Kabupaten Muba, satu-satunya Kabupaten yang memiliki BumDes di setiap Desa-nya,”tutup Yusnin.

Comments are closed.