Home Berita Muba Terapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Muba Terapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

SEKAYU,MNS – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi menerapkan perpustakaan berbasis inklusi sosial awal tahun ini. Layanan inklusi ini sebagai upaya pemerintah merancang kembali perpustakaan agar memiliki manfaat yang tinggi bagi masyarakat.

Hal itu seperti yang telah disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Sekretaris DPK Muba Apriyadi Abdul Aziz, kepada media Centre Dinkominfo, Sabtu (9/3/2019).

Ia mengatakan, untuk mendukung keberhasilan program tersebut, Perpustakaan Nasional RI akan menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada 26 – 28 maret 2019, di hotel Redtop Jakarta Pusat yang akan diikuti Kepala Dinas, dan satu orang staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba selaku penanggung jawab kegiatan dan 6 Kepala Desa Penerima Manfaat tahun 2019.

Adapun enam Desa Penerima Manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Kabupaten Muba yaitu Desa Panca Tunggal, Desa Tegal Mulyo, Desa Bukit Jaya, Desa Gajah Mati, Desa Sumber Rezeki dan Kelurahan Ngulak.

“Seperti amanat UU nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan juga diatur dalam PP No. 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah sebagai tindaklanjut UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya berdasarkan surat dari Perpusnas RI, nantinya Perpustakaan Desa Penerima Manfaat, masing-masing mendapatkan 1000 buku, 2 Rak Buku, 4 unit Komputer, Modem Wifi dan bimbingan teknis serta pendampingan dari Konsultan Perpustakaan.

“Perpustakaan berbasis inklusi sosial artinya perpustakaan harus jadi aset strategis untuk mendorong pemberdayaan masyarakat. Semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat, salam literasi, literasi untuk kesejahteraan,” pungkasnya.

Comments are closed.