• 28 Jul 2020
  • Comments

Bersama Korem 044/Gapo, Pemkab Muba All Out Antisipasi Karhutlah

SEKAYU,MUBA - Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin menyambut Kunjungan Kerja Komandan Korem 044 Garuda Dempo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (27/7/2020).

Dalam sambutannya Bupati Muba merasa sangat senang atas kedatangan Danrem 044 Gapo, beserta Istri dan Jajarannya.

Selanjutnya ia mengatakan terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) Pemkab Muba sudah siap mengalokasikan anggaran tahun 2020. Pemkab Muba juga telah membangun infrastruktur didaerah yang rawan Karhutlah seperti pembangunan Jembatan di Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir, yang diharapkan dapat mempermudah aktivitas warga dan juga mobilisasi pada saat penanganan Karhutlah.

"Apalagi karena Danrem saat ini pak Jauhari, saya ingin membantu beliau supaya tugas beliau paling tidak bisa terbantu dan dikurangi dengan segala upaya yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muba ini. Jadi segala hal kita all out untuk Karhutlah ini, mudah-mudahan bisa ditanggulangi dengan baik," ujarnya.

Kemudian Dodi menyampaikan bahwa Pemkab Muba Selalu bersinergi dengan Jajaran Kodim 0401Muba, dan mengedepankan kerjasama yang dalam berbagai macam hal, termasuk Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dimana pada tahun lalu Pemkab Muba menganggarkan dengan jumlah anggaran terbesar untuk TMMD Jajaran Kodam II Sriwijaya.

"Kami bercita-cita tadinya kalau tidak ada Covid-19 ini, anggaran untuk TMMD kita lipat gandakan sehingga jadi terbesar di Indonesia, mudah-mudahan tahun depan bisa. Sehubungan Covid-19, anggarannya sudah kita sisihkan. Dan alhamdulillah masih ada anggaran dalam membangun daerah yang terpelosok dengan tentu menggandeng TNI dalam pelaksanaan TMMD. InshaAllah ini akan menjadi sinergis yang bagus antara Pemkab Muba dengan Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 044 Garuda Dempo," imbuhnya.

Sementara Danrem 044 Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP SSos mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba atas sambutan yang luar biasa, dan berharap sinergi tetap terjaga juga terbina dengan baik.

"Kami cukup bangga dengan penanganan Covid-19 di Muba ini luar biasa, kebetulan kami salah satu Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi Sumsel, dan selalu memantau perkembangan Covid-19 diwilayah Sumsel," ucapnya.

Berkaitan dengan Karhutlah Danrem mengatakan bahwa satgas sudah dibentuk, kegiatan-kegiatan sosial dan lain sebagainya sudah dilaksanakan.

"Kita berharap mudah-mudahan di tahun 2020 ini yang dibilang kemarau basah, Karhutla ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," harap Danrem.

Lanjutnya untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan baik melalui satelit maupun turun langsung kelapangan sudah dilaksanakan. Dimana satelit LAPAN sudah bisa mendeteksi titik-titik hotspot api yang terjadi di wilayah Sumsel sehingga bisa langsung dimonitor titik api mana yang ada.

"Disitu langsung muncul ada nama Babinsa, Babinkantibmas, nama Kepala Desa lengkap dengan nomor hendphone nya, kalau ada terjadi Karhutlah bisa kita hubungi dan kita padamkan lebih cepat," tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muh Saifuddin Khoiruzzamani SSos, Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk, Kajari Muba Suyanto SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Muba Imam Santoso SH, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza, Ketua Persit Candra Kirana Koorcab REM 044 Gapo Indri Jauhari Agus Suraji, Kepala BPBD Muba Joni Martohonan, Kasi Intel REM 044 Gapo Letkol Efran Herriyanto SH, Kasiops REM 044 Gapo Letkol R Bahtiar, dan Kapten REM 044 Gapo Mayor Inf Binsar Simanjuntak.

Share: