• 18 Jun 2021
  • Comments

Buat Semarak APKASI Otonomi Expo, Muba Tampilkan Berbagai Potensi Unggulan

SEKAYU - Bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pengindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muba menggelar Rapat Persiapan Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021.
Tentunya rapat ini menjadi point yang sangat penting untuk mensukseskan acara Apkasi Otonomi Expo 2021. Karenanya event ini merupakan kesempatan serta ajang untuk mempromosikan segala potensi yang ada di Muba kepada semua pihak. Event pameran ini juga berskala Nasional yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Jadi kesiapan serta pemantapan secara teknisnya harus dapat dituntaskan. Kepada semua OPD yang terlibat langsung dalam kegiatan Pameran APKASI untuk segera menyiapkan data potensi di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.
Hal ini disampaikan oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs Yusuf Amilin MSi, saat memimpin rapat pada Kamis (17/6/2021).
Sambung Yusuf, meskipun di tengah Pandemi COVID-19. Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021, harus bisa tampil lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang secara ketat sudah di atur oleh panitia Apkasi Pusat.
Saat ini, Kabupaten Muba sedang terkenalnya dengan Aspal Karet dan Peremajaan Sawit Rakyat atau Replanting Sawit. Diharapkan untuk kedua pembahasan ini untuk bisa diprioritaskan, agar dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung.
"Bukan berarti materi yang lainnya tidak menarik, namun kita dapat berbangga hati karena Aspal Karet dan Replanting Sawit dapat kita prioritaskan karena masih sangat minim untuk di kabupaten lain. Nantinya juga akan ada banyak investor besar hadir pada forum tersebut. Mereka ingin melihat dan mendengar potensi yang kita miliki. Ini dapat momentum yang tepat bagi kita untuk menampilkan dan menyampaikan segala potensi yang kita miliki kepada investor,"bebernya.
Sementara, Kepala Dinas Pengindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muba Azizah SSos MT menyampaikan, Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021 memiliki tema "Daerah Bangkit Ekonomi Maju". Melalui tema ini dapat menjadi gambaran terhadap materi apa saja yang akan ditampilkan pada saat pelaksanaan Apkasi.
Apkasi Otonomi Expo 2021 akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 7 Juli 2021 sampai dengan 9 Juli 2021 di Jakarta Convention Center. Adapun rangkaian acara dalam pameran ini antara lain Businness Mathcing, UMKM Fair, Fashion Show dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah.
Muba memiliki banyak potensi yang dapat dipamerkan mulai dari potensi Pertanian, Perkebunan Aspal Karet, Sawit dan beberapa layanan Publik yang diantaranya, Smart City, SIP OK Muba, Siskuedes, PSC 119, SAJI dan Perpustakaan Online. Potensi ini yang harus dapat di kemas dengan bagus dan didukung data akurat sehingga bisa memberikan informasi yang lengkap kepada pengunjung pameran nantinya.
"Kesuksesan dari acara ini tentunya menjadi harapkan serta keinginan untuk kita semua. Untuk mewujudkan kesuksesan ini, maka dukungan keikutsertaan dari setiap OPD yang terkait sangat dibutuhkan,"ungkapnya.
OPD terkait diberikan kesempatan untuk menyampaikan bahan-bahan pameran yang akan diikusertakan dalam Apkasi Otonomi Expo 2021 untuk diinventarisir sehingga pada saat rapat akhir bisa dicek kesiapan bahan pameran.
"Demikian juga dengan data-data dari OPD yang akan dibuatkan video potensi daerah untuk ditampilkan secara audio visual nantinya sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih detail kepada pengunjung pameran utamanya produk unggulan seperti Aspal Karet dan Replanting Sawit", tambahnya.

Share: