Home Berita Bupati Muba Paparkan Energi Biofuel Minyak Sawit di Amerika

Bupati Muba Paparkan Energi Biofuel Minyak Sawit di Amerika

HOUSTON,MNS – Suatu Kehormatan bagi Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin diminta langsung oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menjadi pembicara pada ajang Indonesia-USA Renawble Energy Business Forum pada 2 Mei 2019 di Houston, Texas.

Mereka meminta Bupati Muba menjadi pembicara dan memaparkan upaya-upaya Kabupaten Musi Banyuasin dalam merealisasikan inovasi energi terbarukan pengolahan inti kelapa sawit menjadi bahan bakar.  Dalam kesempatan tersebut, Bupati Muba memaparkan apa itu biofuel atau bahan bakar nabati dihadapan ratusan perusahaan-perusahaan Amerika Serikat yang terdiri dari pengembang sebagai independent power producers,investor, perbankan, pabrikan dan principals lainnya yang terkait energi terbarukan.

Selain itu, ia juga memaparkan, inovasi energi terbarukan biofuel berbasis kelapa sawit yang di kembangkan Muba tersebut, benar-benar membuat kagum dan menjadi perhatian tersendiri bagi perusahaan-perusahaan di USA, karena dinilai menjadi energi terbarukan yang merupakan harapan baru dunia.

“Jadi, biofuel di Muba ini saat ini benar-benar menjadi sorotan di tingkat nasional maupun internasional dan ini akan menjadi peluang investasi baru yang diminati dan sangat berkontribusi untuk kemajuan daerah Muba dan meningkatkan kesejahteraan petani sawit rakyat yang ada di Muba,” katanya.

Dodi menambahkan, sebelumnya juga keseriusan dirinya untuk mewujudkan energi terbarukan biofuel ini telah dilakukannya kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Upaya pembenahan tersebut diharapkan mampu menyentuh kebutuhan pokok pekebun sawit untuk memperjuangkan terwujudnya pekebun sawit yang sejahtera, mandiri, berdaulat dan berkelanjutan. “Kita juga nantinya berencana akan membangun mini refinery untuk penampungan sementara, dan sebagai langkah awal, produksi turunan dari tandan buah segar itu akan dikirim ke kilang minyak milik PT. Pertamina di Plaju, Palembang,” katanya.

Mantan anggota DPR RI dua periode ini juga menambahkan setelah berjalan nantinya di tahap awal dirinya akan mewajibkan seluruh kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Muba menggunakan bahan bakar atau biofuel tersebut untuk operasional. “Jadi, seluruh mobdin di Pemkab Muba wajib pakai biofuel berbasis kelapa sawit yang ramah lingkungan.”

Selain penggunaan biofuel, Dodi juga menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu ditemukan cadangan gas terbesar kelima di dunia yang diyakini akan berdampak besar untuk masyarakat Muba dan Indonesia. “Dari Pengeboran Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBDZX) telah ditemukan potensi cadangan setidaknya 2 triliun kaki kubik (ch) gas yang dilakukan Repsol di Wilayah Kerja Sakakemang, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Tentu saja ini akan berdampak besar bagi peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Muba kedepanya,” tuturnya

Comments are closed.