Home Berita Ciptakan Generasi Hebat dan Berprestasi

Ciptakan Generasi Hebat dan Berprestasi

SEKAYU,MUBA – Dalam rangka mendorong terciptanya proses tumbuh-kembang balita secara optimal, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Pukesmas Balai Agung menggelar Lomba Balita Sehat di tingkat Pukesmas Balai Agung, Rabu (12/6/2019).

Lomba yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut dibuka langsung oleh Pimpinan Pukesmas Balai Agung Kecamatan Sekayu dr. Trisinarum MNRS, sekaligus menyerahkan hadiah kepada pemenang.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas balita sebagai generasi penerus yang sehat dan berprestasi, memotivasi masyarakat dalam menurunkan balita gizi buruk dan terpenuhinya hak-hak anak.

“Kegiatan lomba ini merupakan kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan untuk memantau serta meningkatkan tumbuh kembang balita,”terangnya.

Menurutnya, masa balita merupakan masa yang paling menentukan dalam pembangunan manusia yang handal. Sebab, masa balita merupakan masa yang paling kritis, terutama ditinjau dari aspek pertumbuhan dan perkembangannya.

Peminat lomba pada hari ini cukup banyak, dan disangat disambut antusias oleh masyarakat sekitar. Jumlah pendaftar sebanyak 50 orang peserta, akan tetapi yang lulus administrasi hanya 25 orang peserta..

Disampaikannya,  ada dua kategori pada lomba tersebut yaitu untuk usia 6-24 bulan dan balita usia 2-5 tahun. Para pemenang juara 1 di masing-masing kategori di tingkat Pukesmas Balai Agung ini akan diusulkan untuk maju ke tingkat Kabupaten Muba.

Untuk lomba balita sehat ini ada dua kategori yaitu kategori umur 6 bulan – 24 bulan (kurang satu hari) dan umur 2-5 tahun. Masing-masing pemenang mendapatkan trofi, piagam beserta kado.

Terakhir, ia mengingatkan kepada para peserta yang belum menang untuk meningkatkan dan memperhatikan lagi tumbuh kembang balita, dan bagi yang berhasil meraih juara juga dihimbau untuk mempertahankan dan ditingkatkan untuk menjadi lebih baik lagi.

Terpisah, ibu salah satu pemenang (Ghibran Abercio), Fitri, mengatakan dirinya sangat antusias dan senang dengan adanya lomba ini. Menurutnya, selain ingin mendidik anaknya untuk berbaur dengan yang lain, ia juga ingin tahu apakah pola asuh dan pola makannya sudah benar.

“Alhamdulillah, semoga ini bisa memacu kami sebagai orang tua untuk lebih baik lagi dalam mendidik dan memberi asupan gizi dengan benar,”tuturnya.

Comments are closed.