Home Berita DPK Muba Terapkan SIKD

DPK Muba Terapkan SIKD

SEKAYU,MNS – Guna menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) yaitu aplikasi untuk proses surat masuk dan keluar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin (DPK Muba), Sumatra Selatan melaksanakan bimbingan teknis aplikasi SIKD, Kamis (9/5/2019) di Aula DPK Muba.

Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh Pengawai DPK dan dibuka langsung oleh Kepala DPK Muba Yohanes Yubhar.

Dia mengatakan bahwa, selain merupakan kebijakan Arsip Nasional RI (ANRI), kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang kearsipan, khususnya merubah cara konvensional menjadi berbasis TIK.

Selain itu, menciptakan SDM yang kompeten di bidang kearsipan dan membangun sistem kearsipan yang mampu menyediakan arsip yang cepat, akurat dan mudah digunakan. “Seiring dengan perkembangan TIK, maka kegiatan yang kita lakukan ini, bisa mendukung pelaksanaan e-government dan percepatan reformasi birokrasi,” ujarnya.

Yohanes juga menjelaskan bahwa, penerapan e-arsip di lingkungan Muba merupakan tindak lanjut dari Pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arip (GNSTA) yang dicanangkan oleh Bupati Musi Banyuasin pada 11 April 2019 yang lalu.

Sementara Kabid Pembinaan Kearsipan Herawaty, dalam paparannya menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD). Proses awal mulai penerimaan surat masuk yang diserahkan pada bagian pencatatan surat, kemudian dimasukkan dalam aplikasi yang akan dikirim kepada Kepala Dinas untuk selanjutnya disposisi surat tersebut, ke bidang-bidang. “Melalui sekretaris dan kasubbag untuk penguat disposisi tersebut user masing-masing pengguna langsung dapat diakses bahkan dibuka melalui android,” jelas dia.

Menurut Herawaty, dengan menggunakan SIKD berarti sudah menjalankan proses alur surat secara digital, dengan hal ini penyimpanan file/berkas lebih mudah. “Aplikasi ini sangat efektif digunakan dalam skala/ruang lingkup yang luas karena lebih efektif dalam waktu tenaga maupun biaya. Untuk tahap pertama ini kita fokuskan pada surat masuk dan tahap kedua nanti fokus pada surat keluar,” ujarnya.

Comments are closed.