Home Berita Donasi Muba untuk Palestina Bakal Dibangun Jalan dan Klinik

Donasi Muba untuk Palestina Bakal Dibangun Jalan dan Klinik

JAKARTA – Hasil donasi dan konser amal yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza bersama Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) pada 16 September lalu tercatat terkumpul sebesar Rp1 Miliar, dana yang terkumpul ini berasal dari hasil lelang dan pengumpulan dari warga serta pegawai di lingkungan Pemkab Muba.

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan kemanusiaan tersebut, uang donasi yang dikumpulkan akan diperuntukkan untuk pembangunan fasilitas jalan penghubung di Palestina, klinik kesehatan, dan unit sosial kemanusiaan. Hal ini diketahui setelah Bupati Muba Dodi Reza melakukan Rapat Koordinasi Penyerahan Donasi Kemanusiaan Palestina dan Rencana Program Sister City Antara Palestina dengan Pemkab Muba di Kantor Pusat Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) di Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).

“Jadi, dari hasil donasi itu akan direncanakan untuk peruntukkan pembangunan fasilitas jalan penghubung jalan barat dan timur Zawaida menuju pasar utama Khalid bin Walid serta klinik dan unit sosial kemanusiaan dengan waktu bertahap,” ungkap Bupati Muba Dodi Reza.

Penggagas Perda Zakat di Muba ini menyebutkan, saat ini kondisi di Palestina butuh pembangunan yang masif, mengingat banyak fasilitas yang rusak dan hancur. “Insya Allah, nantinya bantuan ini akan bermanfaat dan berguna untuk sauara-saudara kita di Palestina,” ujar Dewan Pembina GP Ansor Sumsel itu.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban untuk membela Palestina. “Untuk itu, Muba mengambil peranan dan inisiasi untuk mewujudkan kebebasan Palestina,” tegas Bapak Santri Sumsel ini.

“Mari kita bersama-sama berbuat untuk saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini sangat mengharapkan bantuan,” tambahnya.

Dodi menambahkan, warga Muba bersama umat muslim di dunia tentu akan menjadi garda terdepan membela Palestina. “Insya Allah dari hasil donasi Muba untuk Palestina ini akan saya antar langsung ke jalur Gaza,” ucapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Muba Dodi Reza diterima secara langsung oleh Ketua Umum KNRP Ustadz Suripto SH
dan Bendahara Umum KNRP Ustadz Caca Cahayaningrat SE MM. Dalam pertemuan itu, Ketua Umum KNRP Ustadz Suripto mengucapkan terima kasih karena Bupati Muba sangat all out peduli dengan kondsi Palestina. “Pak Dodi juuga telah menjadi pelopor kemanusiaan dan program sister city dengan Palestina, kami sangat apresiasi ini,” ungkapnya.

Dikatakan, dari hasil koordinasi dan kesepakatan maka hasil uang donasi yang dikumpulkan dari Muba beberapa waktu lalu akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di Palestina. “Uang donasi yang dikumpulkan di Muba ini sangat luar biasa mencapai Rp1 Miliar, ini tidak sedikit dan sangat membantu untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Palestina,” ucapnya.

Suripto menyebutkan, uang hasil donasi tersebut direncanakan akan diantarkan langsung pihak KNRP bersama Bupati Muba Dodi Reza. “Keberangkatan direncanakan di awal November karena waktunya menunggu izin masuk menetap dan keluar dari otoritas negara terkait,” ungkap Suripto.

Sebelumnya, Wali Kota Al-Zawaida Gaza Palestina Dr Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh yang mengunjungi Kabupaten Muba dan berjumpa Bupati Dodi Reza mengaku merasa sangat terhormat dan takjub dengan kepedulian Muba khususnya Bupati Muba Dodi Reza terhadap kondisi Palestina.“Saya mewakili warga Gaza sangat kagum dan takjub dengan kepedulian pak Bupati Muba Dodi Reza, pak Dodi saudara kami sangat peduli dengan apa yang kami hadapi saat ini,” ungkapnya.

Ayman mengaku, sudah sejak empat bulan belakangan ini dirinya keliling negara-negara untuk berbuat kepada warga Gaza. “Tanggung jawab saya sebagai wali kota di wilayah yang di blokade tentu sangat luar bisa, kalai hanya berpangku tangan begitu berat, paling tidak bisa menyuarakan saudara saya di Indonesia. Sesuai dengan hadist Nabi sebaik-baik kalian orang yang paling bermanfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

“Keluar dari Gaza bukan sesuatu yang gampang, meninggalkan negara dan keluarga sejak empat bulan belakangan, dan semua seakan terlupakan ketika akhirnya saya berjumpa saudara saya yang seiman Pak Bupati Muba Dodi Reza,” tambahnya.

Ia menambahkan, rencana Bupati Muba Dodi Reza yang ingin berkunjung langsung ke jalur Gaza untuk menyalurkan donasi sangat membuat warga Gaza senang dan bahagia. “Kami mengundang langsung pak Bupati Dodi Reza, kami sangat senang dengan rencana pak Dodi yang ingin datang langsung ke jalur Gaza,” ujarnya.

Selain itu, Ulama Palestina Syeikh Nashef Nashir Abdullah saat memberikan tausyiah dalam rangkaian konser amal peduli Palestina di Stabel Berkuda Sekayu Muba, mengungkapkan rasa haru dan bangga atas kepedulian Bupati Muba Dodi Reza bersama warga Sumsel terhadap umat muslim di Palestina. “Saya datang jauh dari Aqso langsung ke Muba, saya bangga dan terharu terhadap respons dan kepedulian Muba untuk Palestina,” ungkapnya.

Menurutnya, sosok Bupati Muba Dodi Reza cerminan pemimpin muslim yang sangat peduli dan mengayomi. “Alhamdulillah yang maha kuasa masih menghadirkan pemimpin seperti beliau (Bupati Muba Dodi Reza, red), banggalah umat muslim di Muba ini,” pungkasnya.

Comments are closed.