Berita

Empat Nakes Muba Raih Juara Tenaga Kesehatan Teladan, Siap Maju Tingkat Nasional

  Kamis, 22 Juni 2023     1064
Empat Nakes Muba Raih Juara Tenaga Kesehatan Teladan, Siap Maju Tingkat Nasional


Motor OGOL Inovasi Puskesmas Tanah Abang Turut Sabet Juara
SEKAYU - Sebanyak enam Tenaga Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil meraih juara Tenaga Kesehatan Teladan di tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Empat di antaranya berhasil meraih juara satu dan siap maju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Sumsel. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmy Dariusmansyah MARS, Kamis (22/6/2023).
"Alhamdullilah Tenaga Kesehatan kita berhasil meraih penghargaan sebagai Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Provinsi Sumsel. Ada empat nominasi yang dimenangkan, Juara Satu yakni Tenaga Dokter RSUD Sekayu dr Santa Mercylia MKes, Tenaga Perawat RSUD Bayung Lencir Ns Rismawati SKep, Tenaga Promkes (PKM Tanah Abang) Eka Limarda SKM, Tenaga Apoteker (PKM Balai Agung) Apt Herli Yuwiltara SFarm, kemudian Juara Dua yakni Perawat Pustu Danau Cala (PKM Lais) Ns Rendyansyah MKes dan Juara Tiga yakni Tenaga Bidan (PKM Lumpatan) Niswayati AmKeb SKM,"bebernya.
Sementara itu Plt Kepala Puskesmas Tanah Abang Kurniawan SKM MKes mengucap syukur atas diraihnya penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan kategori Tenaga Promkes pada PKM Puskesmas Tanah Abang. Dirinya menyebutkan, fasilitasi pelayanan kesehatan Promkes yakni inovasi Motor OGOL (Promosi Informasi Giat Lapangan), merupakan pelayanan informasi dibidang promosi kesehatan.
"Kata OGOL sendiri diambil dari bahasa daerah setempat yaitu kabupaten Musi Banyuasin yang artinya terus berulang-ulang sampai kita paham dengan apa yang disampaikan sehingga dapat menjadi kearifan lokal masyarakat sekitar. Motor OGOL di desain dengan dilengkapi speaker untuk memberikan informasi mengenai kesehatan kepada masyarakat secara cepat dan merata. Akses Jalan di Wilayah kerja UPT Puskesmas Tanah Abang yang banyak terdapat lorong-lorong sempit sehingga tidak bisa di lalui menggunakan kendaraan roda empat sehingga Inovasi motor OGOL merupakan terobosan dalam penyampaian informasi kesehatan kemasyarakat terutama ke wilayah-wilayah yang sulit di jangkau menggunakan kendaraan roda empat,"jelasnya.
Lanjut Kurniawan, bahwa dengan adanya inovasi motor OGOL diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi kesehatan secara cepat dan merata dengan kearifan lokal budaya setempat sehingga diharapkan masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.
Terpisah Pj Bupati Muba H Apriyadi mengapresiasi atas diraihnya penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan oleh tenaga Nakes di Kabupaten Muba. Mereka dinilai mampu mengikuti kebutuhan zaman dengan inovasi yang diciptakan.
“Sudah saatnya nakes-nakes mendapat juara. Selama ini penghargaan hanya diperoleh pimpinan, kita akan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masing-masing bidang untuk berinovasi. Sehingga diharapkan para dokter, perawat, dan lainnya dapat mandiri dan menata organisasi sendiri, mudah-mudahan tenaga kesehatan yang lainnya juga dapat meniru untuk terus berinovasi,"ujarnya.

Kategori Berita
20
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 508
    Hit Hari Ini 9081
    Total Pengunjung 465912
    Total Hit 7482609
    Online 34
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S