Berita

MANFAATKAN ASEAN CONNECTIVITY, PEMKAB MUBA JAJAKI KERJASAMA WUJUDKAN GREEN GLOBAL REGENCY

  Senin, 23 Oktober 2023     397
MANFAATKAN ASEAN CONNECTIVITY, PEMKAB MUBA JAJAKI KERJASAMA WUJUDKAN GREEN GLOBAL REGENCY

*JAKARTA* -  Dalam upaya merealisasikan gagasan Musi Banyuasin (Muba) menjadi Green Global Regency (Kabupaten Global Hijau), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba melalui Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Muba akan memanfaatkan peluang-peluang yang ada pada Association of South East Asian Nations (ASEAN) Connectivity.


Hal ini diungkapkan Penjabat Bupati Muba H. Apriyadi Mahmud melalui Kepala Bagian Kerjasama Dicky Meiriando usai mengikuti Seminar Ketahanan Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) bekerjasama dengan United Cities & Local Governments (UCLG ASPAC), dengan tema Kerjasama Jejaring Daerah Untuk Penguatan Global Value Chain dan Global Supply Chain ASEAN, kamis (19/10/2023) lalu di Hotel Borobudur Jakarta.


Dijelaskan oleh Dicky Meiriando,  gagasan Green Global Regency ini bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Muba menjadi pusat perekonomian hijau yang mempunyai jejaring secara global. Dicky meyakini gagasan ini dapat terealisasi, mengingat sejak 2017 Muba telah mendeklarasikan diri menjadi Kabupaten Lestari dan di tahun 2021 Muba telah memiliki Perda Muba Hijau yang menjadi payung hukum dalam melaksanakan pembangunan ekonomi hijau, serta ditahun yang sama telah mendeklarasikan Visi Global Muba yakni menjadi Ibukota Dunia untuk Energi Berkelanjutan di tahun 2030 kemudian bergabung dengan asosiasi global pemerintah daerah yakni UCLG ASPAC.


"Guna merealisasikan gagasan tersebut sangat dibutuhkan adanya kerjasama dengan daerah di luar negeri.  Setidaknya dapat diawali dengan adanya kerjasama dengan pemerintah daerah di kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muba akan  masuk dalam ASEAN Connectivity melalui fasilitasi dari UCLG ASPAC", tambah Dicky.


Selanjutnya Dicky menjelaskan, ASEAN Connectivity sendiri berfokus pada tiga dimensi, meliputi konektivitas fisik (physical connectivity), konektivitas kelembagaan (institutional connectivity), dan konektivitas antar masyarakat (people to people connectivity). 


"Pemkab Muba akan memanfaatkan peluang yang ada di ASEAN Connectivity untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah di Negara-negara ASEAN guna mendukung terwujudnya Kabupaten Muba menjadi salah satu pusat perekonomian hijau di kawasan Asia Tenggara", ujar Dicky.


Melalui UCLG ASPAC yg saat ini terdapat 47 Pemerintah Daerah dan 13 Asosiasi Pemerintah Daerah di kawasan Asia Tenggara yang telah bergabung di UCLG ASPAC dan menjadi Sekretariat ASEAN Mayor Forum. Diharapkan dapat memfasilitasi Pemkab Muba masuk dalam ASEAN Connectivity dan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah di Negara-negara ASEAN dalam rangka mewujudkan Green Global Regency, pungkas Dicky.

Kategori Berita
20
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Senin, 27 Maret 2023 - Selasa, 04 April 2023  
  Selasa, 14 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
  Sabtu, 04 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 1317
    Hit Hari Ini 23304
    Total Pengunjung 432306
    Total Hit 6830887
    Online 25
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S