Berita

Hasil EPSS BPS, Pemkab Muba Raih Peringkat II Se-sumsel

  Kamis, 14 Desember 2023     543
Hasil EPSS BPS, Pemkab Muba Raih Peringkat II Se-sumsel

SEKAYU- Berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) di seluruh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/kota se-Indonesia yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil menempati peringkat II Se-Sumatera Selatan. Di ketahui, hasil dari EPSS ini adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang mengukur tingkat pembangunan statistik sektoral di daerah.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan, EPSS merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral.
Evaluasi dilakukan dalam rangka mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan Statistik Sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik. "Dalam penilaian ini Kabupaten Muba meraih nilai IPS 2,23 dengan predikat cukup," Jelas Sinulingga
Lanjutnya, sebagai bahan informasi penilaian IPS tahun 2023 ini melibatkan produsen data yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Ketahanan Pangan yang telah melaksanakan kegiatan survei.dan Seluruh OPD adalah berkontribusi menjadi produsen data yang aktif dan update untuk input satu data muba kita terus bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan Tim BPS Musi Banyuasin "Semoga tahun 2024 mendatang Pemkab Muba bisa meraih predikat paripurna lebih baik lagi dari tahun ini," ungkapnya.
Sementara, Kepala BPS Kabupaten Muba Trio Wira Dharma SST MM menyampaikan, bahwa kegiatan EPSS ini salah satu rangkaian dari kebijakan Satu Data Indonesia, untuk mengukur sampai sejauh mana pembangun data di masing-masing Perangkat Daerah / Sektoral.
"Meskipun EPSS ini berupa evaluasi atau penilaian, tapi pada dasarnya EPSS ini melihat bagaimana BPS (selaku pembina data/red) memberikan kontribusi dalam membangun data di masing-masing OPD," bebernya.

Kategori Berita
20
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 420
    Hit Hari Ini 6735
    Total Pengunjung 465824
    Total Hit 7480262
    Online 20
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S