Berita

Usai Intervensi Lewat Program Bantu Umak, Kemiskinan Ekstrem di Muba Turun

  Rabu, 27 Desember 2023     506
Usai Intervensi Lewat Program Bantu Umak, Kemiskinan Ekstrem di Muba Turun

*Hasil Monitoring dan Evaluasi Majelis Pertimbangan Kelitbangan*
PALEMBANG- Setelah berjalan dan menyasar warga miskin ekstrem, program Bantuan Tunai untuk Masyarakat Miskin (BANTU UMAK) dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Majelis Pertimbangan Kelitbangan (MPK) Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem.
"Dari sampling 50 persen wilayah di Muba, yang kita monitoring warga miskin ekstrem di Muba sebesar 3.893 jiwa atau hanya 0.96 persen," ungkap Majelis Pertimbangan Kelitbangan (MPK) Program Pengentasan
Kemiskinan Ekstrem, Ir Yulius MSc, Kamis (21/12/2023). Ia mencatat, 92 persen program Bantu Umak sudah tersalurkan ke warga Muba kategori miskin ekstrem. "Sisanya tidak tersalurkan karena data atau identitas yang tidak sinkron," terangnya.
Ia menjelaskan, 30 persen warga miskin ekstrem di Muba memanfaatkan program bantu umak untuk membeli kebutuhan pokok atau sembako. "Lalu, 69 persen dimanfaatkan untuk membiayai anak sekolah," terangnya. Ia mengatakan, dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut pihaknya merekomendasikan perlu dilakukan upaya perbaikan dalam verifikasi dan validasi dan penerbitan kriteria yang jelas mengenai miskin ekstrem dan penerima manfaat.
"Kemudian, pemberian reward dan punishment untuk meningkatkan peran desa dan perangkat desa dalam verifikasi dan validasi data," jelasnya. Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengatakan hasil monitoring dan evaluasi MPK Program Pengentasan
Kemiskinan Ekstrem akan menjadi catatan untuk lebih memaksimalkan lagi berjalannya atau realisasi program pengentasan kemiskinan ekstrem di Muba."Mungkin ke depan kita akan upgrade program bantu umak untuk pemberdayaan usaha bagi penerima program bantu umak," bebernya.
Mantan Kadinsos Pemprov Sumsel itu menambahkan, hasil monitoring dan evaluasi MPK ini dapat lebih menyempurnakan keberlanjutan realisasi program bantu umak di tahun 2024 mendatang. "Hasil ini akan jadi bahan evaluasi kami agar program pengentasan kemiskinan ekstrem di Muba dapat berjalan baik dan menyasar dengan baik," pungkasnya.
Dalam kesempatan tersebut turut juga dihadiri anggota MPK Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem diantaranya Ir Untung Surapati MT, Feri Supriyanto SE MSi, Nyayu Lutu SPd MPd, Dr Desi Ulpa Anggraini SE MM MSi, dan Ir Suhardian MD MS Met IP.
Kemudian, Pj Bupati Apriyadi Mahmud turut didampingi Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo SSTP MM, Kabid Litbang Irma Santi Dewi, ST, Kabid Komunikasi Publik Kominfo Muba Kartiko Buwono SE MSi, dan Plt Kabag Prokopim Agung Perdana SSTP MSi.

Kategori Berita
20
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 436
    Hit Hari Ini 6227
    Total Pengunjung 464943
    Total Hit 7460620
    Online 22
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S