Berita

Sampaikan 5 Program Prioritas, Dekranasda Muba Ikuti Rapat Kerja Dewan Kerajinan Daerah Se-sumsel

  Rabu, 17 Januari 2024     114
Sampaikan 5 Program Prioritas, Dekranasda Muba Ikuti Rapat Kerja Dewan Kerajinan Daerah Se-sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni, Ungkap Program Kerja Dekranasda Sumsel Harus Menjangkau Pengrajin
PALEMBANG- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Musi Banyuasin mengikuti Rapat Kerja Dewan Kerajinan Daerah Provinsi
Sumatera Selatan tahun 2024, yang mengusung tema "Kriya Unggul, Indonesia Maju" dengan visi Mewujudkan Produk Kerajinan Sumsel yang Berdaya Saing Global. Rapat Kerja Dekranasda yang digelar pada Selasa (16/1/2024) di Griya AgungPalembang, dihadiri secara langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni.
Pada kesempatan ini, Agus Fatoni mengatakan, dengan diselenggarakannya Rakerda Dekrasnada diharapkan mampu menjadi wadah menyinkronkan program dan kegiatan tahun 2024.
"Karena pada dasarnya Pemprov Sumsel memberikan apresiasi dan dukungan yang luas, mengingat dari forum ini akan dirumuskan program-program yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diminta program kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) agar ke depannya lebih berpihak dan menjangkau para perajin dan masyarakat luas," ungkap Pj Gubernur Sumsel.
Lanjutnya, koordinasi antara Dekranasda pusat dan daerah juga sangat penting dilakukan. Hal ini dilakukan agar kegiatan-kegiatan Dekranasda nantinya dapat dirasakan masyarakat secara langsung dengan jangkauan yang lebih luas. “Koordinasi itu terus perlu dibangun agar kegiatan-kegiatan Dekranasda ini bisa lebih besar lagi dan bisa menyentuh masyarakat secara langsung,”ulasnya.
Senada, Pj Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni mengungkapkan, anggota Dekranasda harus memiliki tanggung jawab moral untuk mengembangkan kerajinan daerah yang ada di Kab./Kota masing-masing. "Untuk itu, saya mengajak para pengrajin dan pelaku UMKM untuk lebih semangat lagi menciptakan sinergi dan kolaborasi bersama dengan Dekranasda," tuturnya.
Sementara, Ketua Dekranasda Muba Hj Asna Aini Apriyadi melalui Kepala Disdagperin Muba Azizah SSos MT dalam paparan menyampaikan, terdapat 5 (Lima) Program Kerja utama Dekranasda Kabupaten Muba tahun 2023-2024 diantaranya, Program penguatan kelembagaan dengan menjalin kerjasama dan sinergi bersama instansi pemerintah. Program peningkatan dan penguatan kelembagaan pengrajin dan dekranasda, mengikuti Rapat kerja daerah dekranasda dan Rapat kerja nasional dekranasda pusat.
"Program pengembangan inovasi dan kreativitas produk kerajinan dalam bentuk pemanfaatan Rumah Kemasan dan Rumah Gambo sebagai sarana promosi, edukasi dan destinasi wisata industri kreatif. Selain itu untuk promosi Dekranasda Muba mengadakan berbagai kegiatan seperti kilau pesona gambo, Pameran Kriya Nusa, Inacraft, Muba Expo, festival anjungan. Program pengembangan dan perluasan pasar produk kerajinan. Sebagai partisipan pada pameran tingkat nasional dan provinsi diantaranya, pameran apkasi di JCC Jakarta, inacraft di Jakarta, Sriwijaya Expo dan festival anjungan Sumsel. Program yang terakhir yaitu, Peningkatan kapasitas SDM (pengrajin). Kita harapkan 5 program ini bisa berjalan sesuai dengan baik dan memberikan banyak manfaat," tandasnya.

Kategori Berita
20
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Senin, 27 Maret 2023 - Selasa, 04 April 2023  
  Selasa, 14 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
  Sabtu, 04 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
  Jumat, 23 Desember 2022 - Rabu, 28 Desember 2022  
  Selasa, 20 Desember 2022 - Rabu, 28 Desember 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 441
    Hit Hari Ini 7820
    Total Pengunjung 336424
    Total Hit 4644470
    Online 12
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S