Berita

Pemkab Muba Bersama TNI Garap Lahan Nganggur untuk Penanaman Jagung

  Selasa, 12 Juli 2022     841
Pemkab Muba Bersama TNI Garap Lahan Nganggur untuk Penanaman Jagung

SEKAYU- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sangat mendorong pemanfaatan lahan kosong yang ada di wilayah Muba. Seperti halnya kali ini, Pemkab Muba melaunching program penanaman jagung di lahan kosong dalam rangka Serbuan Teritorial Kodim 0401 /Musi Banyuasin Tahun 2022, Selasa (12/7/2022) bertempat di lahan percontohan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Muba. 

Dalam sambutannya Pj Bupati Muba H Apriyadi melalui Pj Sekretaris Daerah Muba Musni Wijaya SSos MSi mengatakan, kegiatan penanaman jagung di lahan kosong dalam rangka Serbuan Teritorial Kodim 0401 Muba tahun 2022, merupakan program KASAD berkerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muba melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP)."Jadi ini program KASAD bekerjasama dengan Pemkab Muba melalui Dinas TPHP Muba  di bidang pemberdayaan kelompok tani, penyiapan dan pengolahan lahan, penyiapan sarana produksi tanaman jagung, sosialisasi pemanfaatan lahan kosong kepada masyarakat guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,"bebernya.

Sambung Musni, tujuan dari kegiatan ini untuk memajukan perekonomian para petani. Pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk daerah. Pasalnya, sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat. Tanaman jagung menjadi salah satu primadona dalam agribisnis karena tanaman jagung mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus."Untuk itu, saya atas nama Pemkab Muba menyambut baik dan ucapan terima kasih, serta penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras melaksanakan kegiatan ini. Karena sebenarnya ada banyak lahan tidur di Muba, yang harus kita gerakkan secara bersama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Semoga Program penanaman jagung di lahan kosong tidak hanya sebatas launching tapi berkesinambungan," ungkap Pj Sekda. 

Sementara, Dandim 0401 Muba Letkol ARM Dede Sudrajat menyampaikan, seperti yang di ketahui, pangan merupakan komoditas penting dan strategis. Pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi."Salah satu tugas TNI Angkatan Darat adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang bertujuan untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter dengan metode Pembinaan Perlawanan Wilayah, serta menyiapkan potensi Sumber Daya Alam khususnya logistik wilayah,"ulasnya. 

Dalam pelaksanaannya Kodim 0401/Muba melaksanakan Pembinaan Ketahanan Pangan dengan memanfaatkan SDM dan SDA secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Secara khusus, kegiatan ini membantu program Pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan  daerah, meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara."Kita semua berharap kegiatan penanaman jagung dalam rangka serbuan teritorial ini dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan untuk mencapai hasil yang optimal,"tuturnya. 

Turut hadir, Wakapolres Muba Satria Dwi Dharma SIK, Kasi Intel Kajari Muba Abu Nawas SH, Wakil Ketua PA Azwida, Kakan Kemenag Sekayu H Win Hartan, Kepala Perangkat Daerah Muba yang terkait, Para kelompok tani dan penyuluhan pertanian.

Kategori Berita
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 407
    Hit Hari Ini 4143
    Total Pengunjung 19937
    Total Hit 290411
    Online 7
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S