Hingga Kedepan, Targetkan Peringkat 1 di Sumsel dan Nasional
Muba- Pemkab Musi Banyuasin kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat provinsi. Kali ini, Dinas Sosial (Dinsos) Muba meraih penghargaan bergengsi sebagai penyelenggara Pelayanan Publik dengan kualitas tertinggi di kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Sumatera Selatan dari Ombudsman Republik Indonesia (RI).
Pada ajang yang digelar di Ballroom hotel Harper Palembang, Senin (16/12), Pemkab Muba berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu Peringkat 2 Kabupaten dengan Kualitas Pelayanan Tertinggi, dengan skor 93,31 dan Peringkat 2 OPD (Dinas Sosial) dengan Kualitas Pelayanan Tertinggi, dengan skor 93,21.
Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024, yang tertuang dalam Keputusan Ketua Ombudsman RI Nomor 252 Tahun 2024. Pemkab Muba berhasil menembus zona hijau, kategori kualitas tertinggi dan tinggi, yang menunjukkan dedikasi dan kualitas pelayanan publik yang terus meningkat.
Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Dicky Meiriando, S.STP M.H. CACP., yang mewakili Pj Bupati Muba, H. Sandi Fahlepi menerima penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, M. Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum.
Acara ini dibuka oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, M. Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum., yang menyampaikan pentingnya upaya bersama dalam perbaikan kualitas pelayanan publik, dengan fokus pada layanan yang inklusif dan ramah bagi kelompok rentan, termasuk disabilitas.
Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, Dicky Meiriando menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian ini."Penghargaan ini bukan hanya kebanggaan bagi Pemkab Muba, tetapi juga sebagai wujud komitmen kami dalam meningkatkan pelayanan publik yang transparan, efisien, dan akuntabel. Ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh OPD, dan kami berharap prestasi ini dapat menginspirasi setiap perangkat daerah untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ujar Dicky.
Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Pemkab Muba akan terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang bersih dan berintegritas, agar pelayanan publik yang diberikan tidak hanya berkualitas, tetapi juga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.
"Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab Muba untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kami berkomitmen untuk menjadikan Muba sebagai contoh dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan berwibawa," tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muba Ardiansyah, berharap agar prestasi yang telah diraih ini bisa menjadi langkah awal untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi di masa mendatang. "Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima, namun ini baru awal. Kami akan terus berupaya keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik agar bisa meraih peringkat pertama, baik di tingkat Provinsi Sumatera Selatan maupun di tingkat Nasional,"pungkasnya.
Turut hadir dalam acara tersebut, Inspektur Daerah Kabupaten Muba yang diwakili oleh Inspektur Bidang Kesra dan Pelayanan Publik, Syailendra, S.E., Kabag Organisasi H. Nurzahrawati, S.Pd., M.T., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Demoon Hardian Eka Suza, S.STP.,
M.Si., Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riki Junaidi, A.P.,
M.Si., dan Kepala Dinas Pendidikan Iskandar Syahrianto.