Berita

Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Transaksi Katalog Elektronik Lokal dan Program Bela Pengadaan

  Rabu, 12 Oktober 2022     260
Pemkab Muba Gelar Sosialisasi Transaksi Katalog Elektronik Lokal dan Program Bela Pengadaan

SEKAYU- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi terus melakukan perkembangan dalam berbagai hal. Seperti yang diketahui saat ini Pemkab Muba tengah gencar melakukan transaksi katalog elektronik lokal, untuk meningkatkan pelayanan dan kinerja yang optimal, efektif, efisiensi dan transparan.
Hal tersebut, didukung dengan diadakannya sosialisasi transaksi katalog elektronik lokal danprogram bela pengadaan Kabupaten Musi Banyuasin di AuditoriumPemkab Muba, Selasa (11/10/2022).
Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin Drs H Apriyadi melalui Pj Sekretaris Daerah Muba Musni Wijaya SSos MSi, hadir secara langsung membuka acara sosialisasi. Pada kesempatan ini Musni Wijaya mengatakan, pengadaan barang / jasa pemerintah sesuai Amanat Perpres 12 Tahun 2021, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) telah mengembangkan Sistem Aplikasi Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), dimana dalam aplikasi SPSE tersebut terdapat salah satunya metode E-purchasing yaitu tata cara pembelian barang / jasa secara online melalui sistem katalog elektronik, baik katalog nasional / sektoral / lokal maupun toko daring.
"Dengan memanfaatkan metode ini proses pelaksanaan pengadaan barang / jasa pemerintah akan lebih cepat, mudah, transparan dan tercatat secara elektronik,"ujarnya.
Selanjutnya dalam Pasal 10 Ayat 4 Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2021 menyatakan bahwa katalog elektronik lokal dikelola oleh pemerintah daerah. "Mencermati hal tersebut Pemkab Muba memiliki komitmen untuk mendorong pelaku bisnis UMKM ikut berperan menjadi penyedia dalam kegiatan pengadaan barang / jasa. Mengingat banyak produk unggulan di Kabupaten Muba yang dapat diusulkan untuk dimasukan dalam katalog lokal,"ungkapnya.
Sementara, Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP RI Iwan Herniwan SSi MP menyampaikan, tercatat di Provinsi Sumatera Selatan sudah ada 14 Pemda yang melakukan transaksi katalog elektronik.
"Kabupaten Muba menjadi urutan kedua setelah kota Palembang yang sudah banyak melakukan transaksi katalog elektronik. Semoga transaksinya bisa terus berjalan dengan baik agar perputaran ekonomi di Kabupaten Muba semakin berkembang,"bebernya.
Plt Bagian Layanan Pengadaan Barang & Jasa Kabupaten Muba Erdianysah SP MSi mengatakan, pengadaan barang atau jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah. Dengan pelaksanaan sosialisasi ini, diharapkan bisa meluruskan tata cara pelaksanaannya yang sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan.
"Sosialisasi transaksi katalog elektronik lokal danprogram bela pengadaan, diikuti sebanyak 80 orang dari seluruh OPD, kecamatan dan KPU. Dilaksanakan selama 2 hari sosialisasi dengan tujuan untuk memberikan penjelasan akan proses katalog elektronik lokal dan program bela pengadaan,"tandasnya.
Turut hadir dalam acara, Kepala Bagian Pelayanan LPSE Provinsi Sumsel Tetra Riani Skom MT, Analis Kebijakan Muda Direktorat Advokasi Pemernitah Daerah LKPP RI Imam Arumsyah SE, Kepala Perangkat Daerah Muba yang terkait dan seluruh peserta sosialisasi.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 116
    Hit Hari Ini 509
    Total Pengunjung 68102
    Total Hit 857321
    Online 2
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S