Berita

Dinkominfo Muba Dorong Pembetukan KIM Tiap Desa

  Senin, 07 Nopember 2022     76
Dinkominfo Muba Dorong Pembetukan KIM Tiap Desa

SEKAYU, - Pada hari kedua Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik sekaligus hari terakhir yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika para peserta dibekali wawasan tentang Hubungan Kehumasan dan Jurnalistik dengan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), di Aula Pusat Belajar Guru Kabupaten Muba, Jumat (4/11/2022).
Para peserta yang kurang lebih berjumlah 80 orang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah, Bagian, Kecamatan, anggota TP PKK, anggota Darma Wanita, dan rekan-rekan jurnalistik serta organisasi pers tetap semangat mengikuti pelatihan dihari kedua tersebut dengan narasumber Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Amrullah SSTP MSi.
Sebelumnya Pranata Humas Ahli Muda Bidang Komunikasi Publik Dinkominfo Muba Meita Ariansi SE MSi mengatakan Dinkominfo Muba komitmen pada tahun yang akan datang akan membentuk Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di tingkat Desa yang saat ini KIM sudah terbentuk di 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba.
"Sekarang seluruh kecamatan sudah ada KIM, insyaallah tahun depan kita aktif untuk pembentukan KIM per Desa," ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama Kabid Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Amrullah SSTP MSi memaparkan tujuan dibentuknya KIM salah satunya sebagai mitra pemerintah dalam menyebarkan/sosialisasikan dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat. Kemudian sebagai mediator dalam hal komunikasi dan informatika pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan.
"KIM juga sebagai sebagai penyambung lidah pemerintah dalam menyampaikan informasi untuk mewujudkan eksistensi dan pertumbuhan masyarakat sadar informasi yang merupakan kebutuhan masyarakat," paparnya.
Selanjutnya ia mengatakan ada beberapa peran KIM dalam kehumasan dan jurnalistik, diantaranya menangkal isu-isu atau berita yang bersifat hoaks, menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat, mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang baik dan benar, serta menjadi wadah penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat.
"Melalui KIM ini kita juga bisa mendatangkan investor ke desa kita, jadi silahkan masuk ke Kelompk Informasi Masyarakat, karena Muba ini menjadi 12 kabupaten kota yang memiliki KIM yang paling aktif di Provinsi Sumatera Selatan," tandasnya.
Kegiatan ini pun ditutup Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kabid Komunikasi Publik Yettria SKM MSi. Ia berpesan kepada peserta yang hadir agar dapat memanfaatkan apa yang di dapat dari pelatihan tersebut.
”Kepada rekan-rekan, manfa’atkanlah ilmu yang di dapat pada pelatihan ini, jadikanlah pelatihan ini sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan kita di dunia kehumasan dan jurnalistik," pungkasnya.
Turut hadir Pranata Humas Ahli Muda Bidang Komunikasi Publik Dinkominfo Muba Yuandri SSTP, Slamet Riyanto SE MSi, serta puluhan peserta pelatihan.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 121
    Hit Hari Ini 636
    Total Pengunjung 68107
    Total Hit 857448
    Online 11
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S