Berita

Pemkab Muba Berjibaku Sukseskan Desa Cantik BPS RI Beri Apresiasi

  Kamis, 10 Nopember 2022     75
Pemkab Muba Berjibaku Sukseskan Desa Cantik  BPS RI Beri Apresiasi

Jakarta-Didasari pemahaman semakin ringkas dan efisien sistem birokrasi di desa, maka akan membawa kebaikan perkembangan desa, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Kominfo Muba berjibaku mewujudkan inovasi program Desa Cinta Statistik atau bisa disebut juga Desa Cantik. Atas upaya ini Pemkab Muba diapresiasi BPS RI.
Berbagai persiapan dilakukan untuk menjalankan program ini termasuk konsultasi dan audiensi bersama tim sekretariat Satu Data Indonesia di Bappenas RI. Kepala Dinas Kominfo, Herryandi Sinulingga bahkan membawakan tim statistik yakni Bidang Statistik aktif menjalin koordinasi dengan Badan Pusat Statistik RI. Tim yang ditugaskan terdiri dari Kabid Statistik, Irma Santi Dewi dan sejumlah ahli statistik Muba disambut pimpinan Direktorat Statistik Ketahanan Sosial dan Jajaran, di gedung 5 Lt.4. Kamis ( 3/11/2022).
Dijelaskan Sinulingga koordinasi ini merupakan bentuk penguatan kerjasama percepatan pembinaan statistik sektoral.
"Kami sengaja menjalin sinergi ke tingkat pusat, ke BPS RI ini untuk upaya konsultasi sekaligus sinkronisasi baik dengan BPS propinsi Sumsel maupun BPS Kabupaten Muba," terang dia.
Tentu saja, tambah Sinulingga, dengan konsultasi langsung ke BPS RI tim ingin mendapatkan pemahaman lebih mendalam soal program Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik. Apalagi diakui Sinulingga, program Desa Cantik sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia. Yaitu sama-sama mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Di
"Kabupaten Muba sudah membangun portal Satu Data Muba yang menyajikan data-data statistik sektoral pemerintah daerah baik berupa tabular maupun geospasial. Keduanya bahkan telah terintegrasi dengan portal Satu Data Indonesia. Terima kasih kepada BPS RI atas arahan dan masukan. Kami akan sajikan data Desa Cantik hingga level paling depan yakin desa,”terangnya.
Gayung bersambut, paparan tim Muba ini direspon oleh BPS RI. Awaludin Apriyanto, Fungsional Statistisi Madya BPS RI, atas nama Direktorat Diseminasi Statistik. Tim lain yang ikut memberi apresiasi yakni Direktorat Ketahanan Sosial.
“Kami BPS RI sangat apresiasi atas upaya dan langkah Dinkominfo Muba bersama OPD terkait dalam mewujudkan Satu Data Muba sampai dengan level desa. Ini bukti usaha keras mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan di Kabupaten Muba,”pungkasnya.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 120
    Hit Hari Ini 620
    Total Pengunjung 68106
    Total Hit 857432
    Online 6
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S