Berita

Pemkab Muba Genjot Penerapan e-Government, Kembangkan SPBE

  Selasa, 19 Juli 2022     785
Pemkab Muba Genjot Penerapan e-Government, Kembangkan SPBE

SEKAYU- Pada era globalisasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka penerapan E-Government di lingkungan Pemerintah merupakan suatu  keharusan yang akan dituntut untuk segera terapkan.

Seperti halnya kali ini, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba mengadakan rapat pembahasan aplikasi E-Office di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (19/7/2022) di Ruang Rapat Randik.

Rapat dipimpin oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi dan dihadiri Kepala Perangkat Daerah Muba yang terkait. Dalam arahannya Safaruddin mengatakan, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada penggunanya. Penerapan SPBE diharapkan dapat memperbaiki tata kelola pemerintahan sehingga bisa mencapai efisiensi, integrasi dan berbagi pakai serta menciptakan sinergi antar perangkat daerah."aplikasi E-Office sebagai bagian dari pengembangan SPBE. Pemanfaatan aplikasi E-Office akan sangat membantu pegawai di kantor pemerintahan dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka agar dapat berjalan dengan efisien dan efektif,"ucapnya. 

Adapun beberapa aplikasi sudah  diterapkan di Kabupaten Muba, seperti Srikandi, E-Kinerja, dan E-Sakip. Aplikasi ini tentunya akan diintegrasikan dengan baik menunjuk tim teknis untuk melakukan input data dan kolaborasi antar tim IT. "Untuk itu, kami Pemkab Muba akan berkomitmen terhadap kebijakan nasional dalam penyelenggaraan SPBE,"tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP menyampaikan, rencana pelaksanaan E-Office di Kabupaten Muba merupakan tindak lanjut dari MoU dengan Kabupaten Sumedang. Berdasarkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) SPBE Tahun 2021 Pemkab Muba mendapat predikat Baik dengan Indeks 2,82 dan tertinggi di sumsel dan kedepan terus akan kita tingkatkan sementera Pemkab Sumedang mendapat predikat Sangat baik dengan Indeks SPBE 3,52. "Pemkab Sumedang menempati urutan kedua dari kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk nilai indeks SPBE. Berawal dari studi tiru kemudian MoU, penerapan SPBE di Muba tentunya akan mengacu pada Pemkab Sumedang,"urainya. 

Setelah adanya E-Office nantinya kegiatan surat menyurat akan dilakukan secara digital dan terfile-kan di Aplikasi Srikandi Secara Sistem "Pemanfaatan teknologi dan informasi juga bisa dimanfaatkan secara maksimal, karena pada E-Office terdapat banyak fitur yang bisa mempermudah pekerjaan rutin kita semua tandasnya.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 81
    Hit Hari Ini 1355
    Total Pengunjung 71694
    Total Hit 894713
    Online 8
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S