Berita

Pimpin Apel, Pj Sekda Musni Minta Tagana Jaga Kesehatan dan Kekompakan

  Rabu, 20 Juli 2022     713
Pimpin Apel, Pj Sekda Musni Minta Tagana Jaga Kesehatan dan Kekompakan

Tingkatkan Antisipasi Bencana, TAGANA Muba Gelar Apel Kesiapsiagaan Karbunhutlah

SEKAYU, MUBA-Pj Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi diwakili Pj Sekda Muba H Musni Wijaya SSos MSi pimpin langsung Apel Taruna siaga bencana (TAGANA) dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) di Kabupaten Muba tahun 2022. Kegiatan berlangsung hikmat di Halaman Museum Penghulu Muhammad Soleh

Kabupaten Muba. Meskipun suasana mendung seluruh peserta apel tetap apel penuh dengan semangat. Usai apel, Pj Sekda Musni Wijaya langsung menyerahkan tali asih kepada anggota TAGANA Muba, Rabu (20/7/2022).

Dalam arahan, Pj Sekda Musni Wijaya mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republika Indonesia nomor 28 tahun 2012 tentang Pedoman umum taruna siaga bencana yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Musni juga menerangkan bahwa TAGANA ditetapkan dengan maksud untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana. TAGANA ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana baik sebelum, pada saat dan sesudah terjadinya bencana."Penanggulangan bencana dilakukan sejak dini mulai dari kesiapsiagaan sampai dengan tahap pemulihan sosial, maka partisipasi seluruh anggota dalam penanggulangan bencana mutlak dilakukan. Untuk itu, harapan kami agar TAGANA menjadi bagian dalam upaya penanggulangan karhutbunlah di wilayah Kabupaten Muba, dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh TAGANA siaga bencana,"ungkapnya.

Dijelaskan Musni, Kabupaten Muba adalah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan dengan ibu kota Sekayu. dengan luas wilayah 11.833 KM, terdapat 15 kecamatan, memiliki beberapa potensi kecamatan yang rawan karhutbunlah. Menurut data di Musi Banyuasin pernah mengalami karhutbunlah yang cukup parah."Di Kabupaten Musi Banyuasin, musim sangat berpengaruh dimana pada saat musim hujan terjadi banjir pada saat musim kering kemarau seperti ini terjadi kebakaran hutan, oleh karena itulah peran TAGANA memang sangat dibutuhkan, baik dalam rangka sebelum terjadi maupun penanggulangan setelah terjadi bencana. Saya berharap pertama jaga kesehatan, kedua tingkatkan profesionalisme dengan cara yang berlatih, kemudian jaga kekompakan karena dengan kekompakan dengan inilah InshaAllah kita dapat sama-sama menanggulangi bencana yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin, kita tidak berharap bencana ini terjadi, tapi kita harus mempersiapkan diri apabila bencana ini terjadi kita sudah siap,"katanya.

Musni juga menambahkan, "Selanjutnya, saya tekankan Pak Kadis Dinsos saya berharap seluruh anggota TAGANA dan kita semua tidak ikut-ikutan mengkonsumsi narkoba karena narkoba musuh kita semua dan ini sudah merambah sampai dengan pelosok-pelosok desa ke sekolah. Saya berharap paling tidak untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan jangan sampai terjebak dengan ikut-ikutan mengkonsumsi narkoba,"tandasnya.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 97
    Hit Hari Ini 1690
    Total Pengunjung 71710
    Total Hit 895048
    Online 7
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S