Berita

Masyarakat Kawasan Hutan di Muba Bakal Bergaji Rp19 Juta Pertahun

  Kamis, 21 Juli 2022     686
Masyarakat Kawasan Hutan di Muba Bakal Bergaji Rp19 Juta Pertahun

Apriyadi Dorong Hutan Lestari dan Masyarakat Sejahtera Lewat Perhutanan Sosial di Muba

Sekayu- Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi memiliki komitmen tinggi untuk menjaga kelestarian hutan serta meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat hutan dengan memanfaatkan program-program sinergi Perhutanan Sosial. Dalam upaya tersebut, Pemkab Muba menggandeng perusahaan di Muba dalam hal ini PT Rimba Hutani Mas untuk menjaga hutan tetap lestari dan masyarakat sejahtera. "Kita rangkul masyarakat di kawasan hutan ini, edukasi dan sosialisasi ke mereka untuk menjaga hutan tetap lestari," ungkap Apriyadi saat Sosialisasi Program Perhutanan Sosial dalam Bentuk Kemitraan Kehutanan Bekerjasama dengan PT. Rimba Hutani Mas dengan Tema “Membangun Muba dari Desa” di Ruang Rapat Serasan Sekate, Kamis (21/7/2022).

Mantan Kepala Dinas Sosial Pemprov Sumsel ini juga menyebutkan, dari hasil kerjasama dengan perusahaan dan stakeholder di Muba juga bahkan telah menyiapkan program-program yang berdampak ke kesejahteraan masyarakat. "Bahkan pihak perusahaan sudah punya konsep dalam waktu lima tahun masyarakat di kawasan hutan itu bisa dapat Rp1,2 Miliar atau pertahun bisa dapat duit Rp19 Juta," bebernya. Lanjutnya, program lainnya yang akan digencarkan yakni melibatkan masyarakat setempat untuk mencegah kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah). "Dilibatkan jadi Masyarakat Peduli Api, dengan program itu kita bisa mencegah Karhutbunlah di wilayah yang rawan karhutbunlah," terangnya. 

Ia menambahkan, lahan-lahan eks karhutlah bisa kembali dimanfaatkan dan memberikan kontribusi ke masyarakat setempat"Upaya kita ini juga dapat menekan angka kemiskinan di Muba dan nyata berbuat mulia untuk masyarakat kawasan hutan," tuturnya. Dandim 0401 Muba Letkol ARM Dede Sudrajat, mengatakan pihaknya menegaskan agar perusahaan dan masyarakat harus maksimal dan pro aktif dalam upaya pencegahan karhutbunlah serta kesejahteraan masyarakat itu sendiri. "Kita targetkan kalau karhutbunlah selama ini yang terjadi di Muba akan hanya menjadi dongeng di masa depan, jangan ada lagi karhutbunlah di Muba dan masyarakat sejahtera," harapnya. 

Perwakilan PT Rimba Hutani Mas, Abdullah juga telah berencana akan membangun food estate murni untuk masyarakat kawasan hutan. "Ini juga bagian upaya kita mempercepat langkah realisasi andil program Perhutani Sosial di Muba," ungkapnya. Lanjutnya, program program peningkatan kesejahteraan akan terus dimaksimalkan sesuai arahan dari Pj Bupati Muba Apriyadi. "Kita akan maksimal, dan sinergi dengan Pemkab Muba serta pihak terkait lainnya di Muba," pungkasnya.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 71
    Hit Hari Ini 1199
    Total Pengunjung 71684
    Total Hit 894557
    Online 11
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S