Berita

Hebat! BUMDes Mulyo Barokah Muba Jadi Rujukan Studi Banding

  Senin, 25 Juli 2022     293
Hebat! BUMDes Mulyo Barokah Muba Jadi Rujukan Studi Banding

SEKAYU, - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mulyo Barokah Desa Mulyo Asih Kecamatan Keluang, menjadi daya tarik Pemerintah Kabupaten Rokan Ulu Provinsi Riau untuk belajar. Pasalnya perputaran uang yang dikelola BUMDes ini berkisar Rp. 15 Miliar per bulan.


Studi banding rombong Pemerintah Kabupaten Rokan Ulu Provinsi Riau ke Desa Mulyo Asih tersebut disambut oleh Penjabat Bupati Musi Banyuasin H Apriyadi MSi diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH di Aula Kantor Kepala Desa Mulyo Asih, Jumat (22/7/2022).

Dalam kesempatan itu Asisten I Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH mengucapkan selamat kepada rombongan Pemkab Rokan Ulu di Bumi Serasan Sekate yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 14.266 KM2 dan penduduk sebanyak 622.206 jiwa pada tahun 2020 yang tersebar di 15 kecamatan dan 227 desa 13 kelurahan."Terima kasih atas kepercayaannya untuk memilih Kabupaten Muba sebagai tujuan studi banding, semoga peserta studi banding benar-benar mendapatkan apa yang menjadi harapan. Dan pada saatnya nanti kembali ke tempat masing-masing dengan sehat dan selamat," ucapnya.

Dikatakannya, komoditi perkebunan merupakan peringkat 3 terbesar di Kabupaten Muba yaitu komoditi sawit seluas 316.484 Ha, karet 211.554 Ha, dan kelapa seluas 4.300 Ha."Dari 227 desa yang ada, sejak tahun 2017 semua desa di Kabupaten Muba telah terbentuk BUMDes yang salah satunya adalah BUMDes Mulyo Barokah Desa Mulyo Asih," bebernya.

Lanjutnya, dana desa yang sudah dialokasikan untuk 227 desa dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 sebesar 37,4 miliar."Untuk jenis usaha yang dijalankan BUMDes, porsi terbesarnya adalah diusaha perdagangan, kemudian bisnis keuangan dan penyewaan, selebihnya usaha produksi, bisnis perantara, bisnis sosial dan usaha lainnya," tandas Yudi.

Kepala Desa Mulyo Asih Sunarsih mengatakan, pihaknya bersyukur jika dipercaya menjadi tempat studi banding. Menurutnya rombongan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rokan Ulu Riau, para kepala desa dan direktur BUMDes yang berkunjung menjadi kebanggaan tersendiri."Kami sangat senang, didatangi kawan-kawan dari Provinsi Riau. Mudah-mudahan dari silaturahmi kita ini memberikan manfaat bagi kita semua," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabid PUEN DPMD Kabupaten Rokan Ulu Aria Apriadi SPi MM terkait dengan studi banding mengaku pihaknya tertarik dengan omset BUMDes Mulyo Barokah yang mencapai 15 miliar dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit."Kami membawa kades, perwakilan kecamatan, beberapa direktur BUMDes juga. BUMDes yang hadir saat ini tipikal daerahnya hampir sama seperti Mulyo Asih, yang bersentuhan langsung seperti perkebunan kelapa sawit. Makanya kami belajar kesini, seperti apa terobosan Mulyo Asih," kata Apriadi.

Sementara itu Tanang mewakili para kades peserta studi banding dari Rokan Ulu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, camat, dan Kades Mulyo Asih yang telah menerima rombongannya dalam rangka studi banding tentang BUMDes."Tentu kami sangat berharap ilmu yang kami dapatkan dapat kami aplikasikan ke desa kami. Begitu juga apa yang menjadi kelebihan kami akan kami tinggalkan di Kabupaten Muba," pungkasnya

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Direktur BUMDes Mulyo Barokah Selly Siswanto. Turut hadir Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi, Kepala Dinas PMD Muba Richard Cahyadi diwakili Salim SKM, dan Direktur BUMDes Mulyo Barokah.

Kategori Berita
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 388
    Hit Hari Ini 3642
    Total Pengunjung 19918
    Total Hit 289910
    Online 6
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S