Berita

Gencarkan Germas ke Semua Elemen di Muba

  Senin, 20 Februari 2023     489
Gencarkan Germas ke Semua Elemen di Muba


SEKAYU- Derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen masyarakat berperan serta dalam upaya memperbaiki kesehatan dengan memprioritaskan promotive - preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Upaya prioritas ini merujuk pada kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pada kegiatan yang bersifat promosi kesehatan, kegiatan pencegahan terhadap masalah kesehatan, kegiatan pengobatan untuk penyembuhan, pengurangan dan pengendalian penyakit.
Hal tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi, melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi, saat membuka acara Pertemuan Penerapan Kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada Tatanan
Perkantoran dan Tatanan Sekolah di KabupatenMusi Banyuasin, Senin (20/2/2023) di Hotel Gambo danResidence Sekayu.
Dikatakan Safaruddin, sesuai dengan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Instruksi Bupati No 243 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Germas di perkantoran dan Sekolah di Kabupaten Muba.
"Atas dasar tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Muba tentunya harus melaksanakan kegiatan Germas yang bertujuan sangat mulia ini. Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh organisasi perangkat daerah Muba serta pihak-pihak terkait, untuk memberikan dukungan dan komitmen. Agar wajib menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat,"ucapnya.
Sementara, Sekretaris Dinas Kesehatan Muba Jonadi SKM MKes menyampaikan, dengan menekankan perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.
"Adapun tujuan umum Germas yaitu menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik materi kesehatan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit menghindari terjadinya penurunan kualitas penduduk, dan menghindarkan peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan,"bebernya.
Lanjutnya, ada 5 kluster yang harus diterapkan pada Germas diantaranya, peningkatan aktivitas fisik dengan senam bersama, edukasi dan perilaku hidup bersih & sehat, pangan sehat & percepatan perbaikan gizi, deteksi dini penyakit, kualitas lingkungan.
"Semoga dengan adanya pertemuan ini, dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya perilaku hidup sehat, serta dapat semakin memantapkan komitmen kita bersama dalam upaya mewujudkan Germas di Kabupaten Muba,"tandasnya.

Kategori Berita
20
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Senin, 27 Maret 2023 - Selasa, 04 April 2023  
  Selasa, 14 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
  Sabtu, 04 Maret 2023 - Jumat, 31 Maret 2023  
  Jumat, 23 Desember 2022 - Rabu, 28 Desember 2022  
  Selasa, 20 Desember 2022 - Rabu, 28 Desember 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 439
    Hit Hari Ini 7796
    Total Pengunjung 336422
    Total Hit 4644446
    Online 15
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S