Berita

Pj Bupati Apriyadi Ingatkan Warga Waspada Banjir

  Kamis, 16 Maret 2023     950
Pj Bupati Apriyadi Ingatkan Warga Waspada Banjir


MUBA- Kondisi cuaca di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), saat ini sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Menyikapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Drs H Apriyadi mengingatkan warga agar selalu waspada terjadinya banjir selama musim penghujan.
"Dalam kondisi cuaca seperti ini perlu ada kewaspadaan. Untuk itu, saya ingatkan kepada semua warga Kabupaten Muba, terutama pada daerah yang rawan bencana alam banjir agar lebih waspada selama musim penghujan ini," katanya.
Apriyadi menambahkan, bahwasanya sudah di instruksikan kepada seluruh camat dan kepala desa, BPBD, Dinsos, Tagana untuk turun kelapangan dan selalu siaga.
"Kami telah meminta seluruh Camat dan Kades, BPBD, Dinsos, Tagana apabila terjadi bencana alam agar segera melakukan berbagai upaya antisipasi seperti mengungsikan warga serta mendistribusikan bantuan bagi para korban bencana. Seperti halnya, BPBD saat ini aktif mendirikan posko dan cek ketinggian permukaan sungai sebagaimana laporan yang di sampaikan pada Group Pemkab," ungkapnya.
Sementara, Kepala BPBD Muba Pathi Riduan SE ATD MM menyampaikan, pada Rabu 15 Maret 2023 telah terjadi bencana luapan air sungai musi di Sanga Desa. Penyebab kejadiannya di karenakan, faktor curah hujan yang cukup tinggi dan faktor rendahnya pemukiman warga.
Saat ini, ketinggian banjir di pemukiman warga +- 35Cm dari titik terendah. Ketinggian banjir di akses jalan +-20 Cm dari titik terendah. Warga yang terdampak banjir masih dapat beraktifitas seperti biasa dan beberapa warga menggunakan perahu kayu untuk melewati banjir. Perkembangan kondisi akan terus dikoordinasikan dengan pemerintah setempat untuk terus dilakukan pemantauan.
"Adapun upaya yang telah dilakukan, melakukan koordinasi dengan Pihak Kecamatan dan Perangkat Desa Setempat, melakukan pemantauan dan patroli dilokasi kejadian, mengingat curah hujan cukup tinggi, Tim memberikan himbauan kepada masyarakat setempat supaya lebih waspada apabila terjadi peningkatan debit air Sungai," tandasnya.

Kategori Berita
20
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 334
    Hit Hari Ini 6071
    Total Pengunjung 492070
    Total Hit 8069587
    Online 25
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S