Berita

Pertama di Sumsel, PUPR Muba Lakukan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Melalui E-Katalog

  Kamis, 30 Maret 2023     1023
Pertama di Sumsel, PUPR Muba Lakukan Proses Pengadaan Barang dan Jasa Melalui E-Katalog


Permudah Pengadaan Barang dan Jasa, PUPR Tandatangan Kontrak E-Katalog
SEKAYU, MUBA- Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati H Apriyadi terus meningkatkan pelayanan terbaiknya, salah satunya dalam pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk mendukung sistem pelelangan yang terbuka, efisien, cepat, dan akuntabel.
Tepatnya hari ini, Rabu (29/03/2023) Pemkab Muba melalui Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muba bersama PT Bobby Candra Saputra melakukan penandatanganan kontrak melalui proses E-Katalog untuk dua kegiatan proyek cor beton melalui batching plant yaitu Peningkatan ruas jalan KUD Trijaya - SP. Gardu, dan Peningkatan Jalan Desa Tanjung Raya dengan beton, kecamatan Sanga desa. Acara penandatanganan ini berlangsung dengan lancar di Ruang Kerja Kepala Dinas PUPR Muba.
Menurut Plt Kepala Dinas PUPR Mirwan Susanto SE MM., Kabupaten Muba merupakan daerah pertama di provinsi Sumatera Selatan yang melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog tersebut.
"Alhamdulillah kita sudah mulai melaksanakan proses Pengadaan Barang dan Jasa ini menggunakan E-Katalog. Ini upaya kita untuk memangkas birokrasi yang panjang dari sisi biaya dan waktu. Keunggulan penggunaan E-Katalog dalam prosesnya akan lebih cepat, efisien, dan akuntabel karena harga dikontrol secara elektronik sesuai pasar. Harga juga tidak banting-bantingan antar penyedia, dan efisiensi secara waktu dan biaya. Dan setelah penandatanganan kontrak ini diharapkan pihak kontraktor atau perusahaan segera mulai melaksanakannya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,"ungkapnya.
Terkait kerjasama ini, lanjutnya "Ada sekitar 5 batching plant yang sudah terdaftar di LPSE, karena memang syaratnya itu untuk E-Katalog ini harus ada penyuplai beton dulu, karena kita mengunakan beton, ini sudah masuk salah satunya PT Bobby Candra Saputra. Jadi Batching plant ini fungsinya ada 2. Satunya menjual beton, dan sekarang fungsinya mengerjakan juga secara fisik, tapi tidak dalam konteks seluruhnya dikerjakan batching plant. Kita nanti akan memberdayakan yang lokal. Tetapi nanti, karena lokal ini tidak memiliki batching plant maka harus bekerjasama dulu dengan batching plant untuk suplai betonnya,"terangnya.
Dalam kesempatan ini, Mirwan juga menghimbau seluruh kontraktor lokal agar dapat melengkapi persyaratan-persyaratan secara administrasi, secara teknis dan peralatan sehingga nanti dalam pelaksanaannya kita bisa bekerja dengan baik dan profesional. "Tolong di jaga mutu dan kualitasnya, sehingga apa yang dilakukan dapat dirasakan betul manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Muba," tandasnya.
Sementara, Direktur PT Bobby Candra Saputra H. Yusnin S.Sos M.Si mengatakan pihaknya sangat apresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Muba melalui Dinas PUPR tersebut, dan pihak siap menjaga mutu dan kualitas terbaiknya sesuai yang diharapkan oleh Pemkab Muba.
"Kami sangat senang dengan adanya E-Katalog ini, karena bukan hanya memangkas birokrasi saja, tapi prosesnya memang sangat mudah dan lebih cepat. Kami selaku pemilik batching plant yang ditawarkan tersebut ada sekitar 12 meter yang masuk areal batching plant kita, setelah ini kami segera melakukan dan siap menjaga mutu yang diinginkan,"terangnya.
Terpisah, Pj Bupati Muba H Apriyadi mengatakan bahwa Pemkab Muba memiliki komitmen untuk mendorong pelaku bisnis UMKM ikut berperan menjadi penyedia dalam kegiatan pengadaan barang / jasa. Mengingat banyak produk unggulan di Kabupaten Muba yang dapat diusulkan untuk dimasukan dalam katalog lokal.
"Dengan memanfaatkan metode ini proses pelaksanaan pengadaan barang / jasa pemerintah akan lebih cepat, mudah, transparan dan tercatat secara elektronik. Maka saya mengajak seluruh kontraktor lokal ayo lengkapi persyaratannya mulai dari administrasi sampai teknisnya, karena kita disini mengutamakan dan ingin memberdayakan kontraktor atau perusahaan lokal,"pungkasnya.

Kategori Berita
20
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 315
    Hit Hari Ini 5665
    Total Pengunjung 492051
    Total Hit 8069181
    Online 33
© Copyright 2024 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S