Berita

Kabupaten Muba Komitmen Jalankan Program 100 Kabupaten/Kota Smart City

  Rabu, 05 Oktober 2022     224
Kabupaten Muba Komitmen Jalankan Program 100 Kabupaten/Kota Smart City

Pemkab Muba Ikuti Evaluasi Implementasi Smart City Tahun 2022
Sekayu, Muba- Komitmen dengan berbagai upaya terobosan-trobosan dan inovasi terus dilakukan secara maksimal oleh Pemkab Musi Banyuasin salah satunya bertujuan untuk mencapai Program Gerakan Menuju smart city (Kota Cerdas).
Pemkab Muba dikomandoi Pj Bupati Muba H Apriyadi didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Herryandi Sinulingga AP bersama Kepala Perangkat Daerah mengikuti Evaluasi Implementasi Smart City tahun 2022 di Kabupaten Musi Banyuasin secara virtual dengan Tim Evaluator Evaluasi Smart City, Selasa (04/10/2022) berlangsung di Ruang Rapat Serasan Sekate.
Pj Bupati Muba H Apriyadi dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemkab Muba telah menetapkan salah satu prioritas pembangunan daerah yaitu mewujudkan Muba Smart Regency yang mana sasaran yang akan dicapai melalui pembangunan smart regency ini adalah meningkatkan akuntabilitas kinerja dan keuangan daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan publik yang berinovasi, cepat, transparan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.
Apriyadi juga menyampaikan beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam penerapan konsep smart city yaitu sisi pemerintahan, anggaran dan masyarakat.
"Smart regency menjadi faktor penting dalam pelaksananaan pembangunan dan pemberian pelayanan publik di Kabupaten Muba yang memiliki luas wilayah 14.256,96 km dan terbagi dalam 15 kecamatan dan 240 desa / kelurahan dan dihuni oleh penduduk sebanyak 627.070 jiwa, dan diharapkan dengan diimplementasikannya smart regency, pengelolaan kabupaten akan lebih berkelanjutan dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja dan peningkatan efisiensi sehingga dapat terwujud kehidupan masyarakat yang lebih nyaman, lebih mudah, lebih sehat dan lebih makmur,"ungkapnya.
Evaluasi yang kita laksanakan hari ini, lanjut Apriyadi adalah untuk melihat sejauh mana implementasi program – program dalam mendukung gerakan smart city di kabupaten Muba.
"Besar harapan kami Kabupaten Muba dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam rangkaian kegiatan evalusi smart city tahun 2022 ini, guna Muba bersinergi dan terus berkarya. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada OPD di Kabupaten Muba, para evaluator dan seluruh tim dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republika Indonesia yang sudah memberikan motivasi dan bimbingan untuk kami dalam melaksanakan program smart city di Muba. Semoga Kabupaten Muba bisa mendapatkan nilai smart city
terbaik
di Indonesia tahun 2022,"tandasnya.
Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga juga dalam kesempatan ini telah memaparkan secara detail mulai dari sasaran Muba Smart Regency, Smart Govencance (Meningkatnya Pelayanan Publik, Meningkatnya Efisiensi Manajemen Birokrasi Pemerintah, Meningkatnya Ketertiban Publik dalam Manajemen Kebijakan Publik).
Selanjutnya, Smart Branding (Berkembangnya ekonomi kreatif daerah, Berkembangnya ekosistem pariwisata, Terciptanya wajah kabupaten dengan tata ruang yang berkualitas). Smart Economy (Meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi, Meningkatnya Pengelolaan Keuangan Daerah, Terwujudnya pembangunan Kabupaten Musi Banyuasin, sebagai Kabupaten Green Economy, Meningkatnya Daya Saing Daerah Melalui Pelayanan Berbasis TIK),
"Sasaran Muba Smart Regency yaitu
Smart Living (Meningkatnya Layanan Kesehatan, Terkendalinya Tata Ruang Kabupaten Muba, Meningkatnya Pelayanan Angkutan Umum, Prasarana dan Sarana Transportasi), Smart Society (Meningkatnya Tingkat Literasi Masyarakat di Bidang TIK, Meningkatnya Interaksi Sosial Masyarakat, Meningkatnya Layanan Kebencanaan), Smart Environment (Meningkatnya Tata Kelola Persampahan berbasis Masyarakat, Meningkatnya Proteksi Terhadap Lingkungan Hidup Terciptanya Tata Kelola Energi Yang Berwawasan Lingkungan),"paparnya.
Pemaparan dilanjutkan dengan pengajuan pertanyaan dari tim evaluator yang dijawab langsung Pj Bupati bersama para kepala perangkat daerah yang hadir.
Sementara, Tim Evaluator yaitu Hari S Noegroho dari IASII (Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia) Adi Mulyanto dari ITB (Institut Teknologi Bandung) Ashwin Sasongko dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesi), Heny Puspitasari dari Kementerian Perekonomian.
Secara keseluruhan tim evaluator semuanya menyampaikan apresiasi, salah satunya Hari S Nugroho dari ikatan audit sistem Informasi Indonesia mengapresiasi pemaparan dari kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga. "Paparan Kadin Kominfo Muba sudah sangat bagus dan sesuai dengan yang kita harapkan. Sudah mencakup semua indikator-indikator asesmen dan terstruktur," tandasnya.

Kategori Berita
Pengumuman Terkini

Arsip Pengumuman

  Kamis, 20 Oktober 2022 - Jumat, 04 Nopember 2022  
  Selasa, 18 Oktober 2022 - Sabtu, 31 Desember 2022  
  Kamis, 04 Agustus 2022 - Jumat, 05 Agustus 2022  
MUBA dinkominfo

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Jalan Merdeka Lk. I No.452 Kel. Serasan Jaya Kec. Sekayu Kab. Musi Banyuasin 30711
admin@mubakab.go.id
0714-321-021
  • Pengunjung :
  • Pengunjung Hari Ini 121
    Hit Hari Ini 649
    Total Pengunjung 68107
    Total Hit 857461
    Online 5
© Copyright 2022 - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin   Versi Lawas
Powered by Delapan Enam Solution   D.E.S